Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumaga Nadeak Ajak Anggota DPRD Kepri Bekerja Keras
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 28-10-2014 | 15:08 WIB
jumaga_nadeak.jpg Honda-Batam
Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Kepri.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Jumaga Nadeak, mengajak pimpinan dan anggota DPRD Kepri harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Lembaga DPRD berdiri di atas kekuasaan dan kedaulatan amanat rakyat. Dan ke depan, perlu bekerja keras untuk meningkatkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat melalui kerja keras," ujar Jumaga, saat menyampaikan sambutan, usai dilantik sebagai ketua dewan, Selasa (28/10/2014).

Bersempena dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, dia mengatakan, hendaknya semua elemen masyarakat dan anggota DPRD Kepri dapat menemukan nilai-nilai dasar dari makna Sumpah Pemuda sebagai nilai luhur dan kecintaan terhadap bangsa yang dibingkai dalam persatuaan dan kesatuan yang rela berkorban demi bangsa dan negara.

"Dari peringatan Sumpah Pemuda ini hendaknya semua elemen masyarakat dapat saling menghargai perbedaan di dalam kebhinekaan sebagai kemajemukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Jumaga juga menyampaikan, sebagai daerah kepulauan, sesuai visi dan misinya, Provinsi Kepri harus dapat meningkatkan pembangunan dan pendayagunaan kelautannya, pemberdayaan pulau-pulau terpencil, serta pemanfaatan sumber daya alam bawah laut.


Hal ini, imbuhnya, sesuai dengan amanat dan visi yang diutarakan Presiden RI, Joko Widodo, yang menempatkan laut sebagai ujung tombak peningkatan ekonomi Indonesia dengan semboyan "Jales Veva Jaya Mahe", atau Di Laut Kita Jaya.

Menurutnya, semboyan TNI AL itu relevan dengan kondisi Provinsi Kepri dan Indonesia. Dengan Visi maritim yang dicanangkan Presiden, hendaknya dapat  dilaksanakan dalam pengembangan program kemaritiman di Kepri.

Jumaga Nadeak merupakan kader Partai PDI Perjuangan. PDIP membentuk satu fraksi dengan 9 anggota DPRD di Kepri. Sedangkan Wakil Ketua I, Ricky Faisal, merupakan kader Partai Golkar yang memiliki 8 kursi dan membentuk satu fraksi.

Sementara Wakil Ketua II, Apri Sujadi, merupakan Ketua DPD Partai Demokrat. Demokrat mendapatkan 7 kursi di DPRD Kepri dan membentuk Fraksi Plus dengan Partai Gerindra yang merebut 3 kursi

Sementara Amir Hakim Siregar merupakan Ketua DPD Partai Hanura Kepri. Hanura mendapatkan 5 kursi di DPRD Kepri dan membentuk Fraksi Hanura Plus setelah bergabung dengan Partai Nasdem yang memiliki 2 kursi.

Sedangkan dua fraksi lainnya, yakni Fraksi PKS plus dengan 4 kursi ditambah 2 kursi PPP, dan Fraksi Kebangkitan Nasional yang terdiri dari PKB yang mendapatkan 3 kursi dan PAN dengan 2 kursi. (*)

Editor: Roelan