Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agum Gumelar Ingatkan Antar-Satuan Harus Kompak
Oleh : Habibi
Kamis | 23-10-2014 | 16:23 WIB
agung gumelar di tpi.JPG Honda-Batam
Agun Gumelar. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jenderal TNI Purnawirawan Agum Gumelar berpesan agar TNI selalu menjaga persatuan antar satuan dan menjaga kekompakan anggota. Dia mengatakan hal tersebut untuk mencegah terjadinya bentrok antarsatuan.

"Ciptakan suasana kebersamaan. Jangan terpecah karena kepentingan pribadi dan satuan," pesan Agum saat melantik pengurus DPD Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (PEPABRI) Provinsi Kepulauan Riau di Hotel Aston, Tanjungpinang, Kamis (23/10/2014).

Mantan Gubernur Lemhanas itu juga mengajarkan agar para petinggi satuan TNI atau Polri tidak memberikan toleransi kepada siapa saja yang terlibat cekcok atau bahkan perkelahian serius antarsatuan.

"Jangan ditoleransi jika ada bentrok antar-ABRI. Para komandan harus kompak, juga warakawuri. Jika ada anggota saling serang, jangan komandan perintahkan semakin menyerang, tapi panggil dan berikan hukuman. Tidak ada tolransi untuk yang melanggar aturan," tegas lulusan Akademi Militer Nasional Magelang 1969 itu.

Selain itu, jenderal yang lahir di Tasikmalaya ini mengharapkan para purnawirawan juga kompak dan memberikan nasehat serta gagasan untuk para anggota TNI yang masih muda. "Ciptakan kebersamaan dan kekompakan, itu tugas kita yang sudah purna ini," ujar Agum. (*)

Editor: Roelan