Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Diharapkan Capai Prestasi Terbaik di Swayamvara Tripitaka Gatha Nasional IX
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 21-10-2014 | 16:13 WIB
Pelepasan_Kontingen_STG_Kepri.jpg Honda-Batam
Pelepasan kontingen Kepri di STG Nasional IX. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah melepas kontingen Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Nasional IX tahun 2014 pada pada Senin (20/10/2014). Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Tingkat Nasional IX  Tahun 2014 digelar di Hotel Mercure Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta pada 20-25 Oktober.

STG IX  diikuti oleh 29 kontingen mewakili provinsi se-Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 1.189 orang.

Adapun cabang yang dilombakan pada STG IX di Jakarta tahun 2014 antara lain lomba baca Dhamapada (berkelompok empat orang), lomba baca Parita (bahasa pali berkelompok tiga orang), lomba melafalkan Sutra/Mantra (bahasa Sansekerta, berkelompok empat orang), lomba melafalkan Liamkeng (bahasa Mandarin berkelompok 5 orang) dan lomba Dhammadesana Bahasa Indonesia putra dan putri perorangan.

Selain itu, lomba Dhammadesana bahasa Inggris putra dan putri perorangan, lomba Dhammadesana bahasa Mandarin putra dan putri perorangan, lomba menyanyi solo putra dan putri perorangan, lomba seni patung bernuansa Buddhis berbahan lilin satu orang, lomba paduan Quan suara berkelompok 12 orang dan ditambah eksibisi yaitu lomba seni tari kreasi Buddhis berkelompok 8 orang dan Drama cerita Buddhis satu babak berkelompok 8 orang.

Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Widya Wimamsidi, mengatakan, STG kalau di Islam lebih dikenal dengan MTQ, merupakan perlombaan yang terkait dengan Kitab Tripitaka.

"Kontingen Provinsi Kepri siap mengikuti seluruh cabang yang dilombakan. Hanya ada satu cabang lomba yang tidak kita ikuti karena keterbatasan kesiapan kita yakni cabang lomba drama cerita Buddhis," kata Widya Wimamsidi dalam rilis yang diterima BATAMTODAY.COM.

Sementara Ketua Walubi Kota Batam, Rudy Tan, yang hadir pada saat pelepasan mengatakan hanya bermodalkan kekompakan Kontingen Provinsi Kepri akan tampil gemilang. "Kita memberi contoh yang terbaik. Adik-adik harus fokus terhadap setiap rangkaian kegiatan," kata Rudy.

Ia meminta agar kontingen bisa mencapai prestasi yang lebih baik. Berharap kontingan bisa menyabet juara umum karena mengikuti hampir semua cabang lomba.

"Dalam setiap pertandingan selalu ada yang menang dan ada yang kalah, tidak perlu kecewa jika memang kita belum berhasil. Itu artinya kita harus berlatih lagi," ujar Rudy.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Marwin Djamal, meminta para official dapat memberikan layanan terbaik kepada para peserta yang berjumlah 45 orang. Selan itu juga Memperhatikan semua kebutuhan, jangan sampai ada yang kurang supaya para peserta tetap semangat.

"Saya minta peserta sebelum tampil tetap dikarantina, jangan kemana-mana supaya tetap konsentrasi. Bagi waktu dengan baik, kapan harus istirahat, kapan harus tidur, kapan harus makan dan seterusnya," ucapnya lagi. (*)

Editor: Roelan