Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati HUT ke-7, Gempita Batam Bakal Gelar Beragam Kegiatan
Oleh : Gabriel P Sara
Selasa | 21-10-2014 | 15:52 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Gerakan Masyarakat Peduli Batam (Gempita) akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-7 tahun ini. Gempita yang menggandeng Pemerintah Kota (Pemko) Batam itu akan melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut selama tiga hari mulai 6 November mendatang.

Pendiri dan pembina Gempita, Hanny Andries, mangatakan, rangkaian kegiatan tersebut meliputi aksi kepedulian. Seperti pada aksi peduli ekonomi kerakyatan, nantinya akan digelar bazar usaha kecil menengah. Selanjutnya kegiatan peduli prestasi generasi muda, berupa pertandingan olahraga antarsekolah dan kelompok pemuda.

Kemudian peduli pendidikan. "Kegiatannya bermacam-macam. Di antaranya training 1.000 guru untuk satu sistem pendidikan modern yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan ini akan menghadirkan mantan Menteri Pendidikan Nasional, Wardiman Djojonegoro, serta kegiatan lainnya yaitu penyuluhan bahaya narkoba dan seks bebas ke pelajar dan mahasiswa," kata Hanny, Selasa (21/10/2014).

Selanjutnya ada juga peduli masyarakat prasejahtera. Kegiatannya berupa pembagian 7.000 paket sembako murah. Jika harga satu paket sembako Rp65 ribu, nantinya akan dijual dengan harga Rp20 ribu kepada masyarakat di 12 kecamatan.

Kegiatan lainnya adalah peduli lingkungan. Kegiatannya berupa program "Sadar Lisa" (lihat sampah, angkat). Lalu aksi peduli kesehatan, yakni donor darah dan pengobatan gratis yang dilakukan pada saat bazar tersebut. Sedangkan aksi peduli Bhinneka Tunggal Ika, merupakan acara puncak yang akan diberi nama Colour Marathon.

"Colour marathon ini merupakan acara puncak dari perayaan HUT Gempita ke-7. Kegiatannya berupa olahraga pagi bersama masyarakat Kota Batam. Bedanya, lebih fun," ujar Hanny.

Dia menambahkan, masyarakat Batam sangat pluralis dan datang dari berbagai daerah. Masing-masing mempunyai warna dan adat tersendiri. Dan dengan adanya acara seperti ini, mereka akan saling mengenal dan membuka diri.

"Kita ingin di sini semuanya saling membuka diri dan membagikan warnanya kepada yang lain," jelas Hanny.

Henny berharap, agar Walikota dan semua jajaran pemerintah di Kota Batam bisa hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, selama ini kedekatan masyarakat dengan Pemerintah Kota Batam tidak begitu solid.

Asisten Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Raja Supri, menyambut baik kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan Gempita di ulang tahunnya nanti. "Ini sangat bagus. Saya mewakili wali Kota sangat mendukung acara seperti ini. Dukungan penuh dari Pemko Batam dan harus sukseskan acara ini sampai selesai," katanya. (*)


Edtor: Roelan