Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barang Bawaan Tertinggal, Ratusan Penumpang Lion Air Mengamuk Setiba di Batam
Oleh : Hadli
Selasa | 21-10-2014 | 08:55 WIB
ilustrasi penumpang pesawat_lion_air_boeing_737.jpg Honda-Batam
Ilustrasi penumpang Lion Air. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan penumpang pesawat Lion Air dari Yogyakarta mengamuk setelah tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Senin (20/10/2014) siang sekitar pukul 14.00 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan JT277 mengudara tanpa membawa semua barang bawaan penumpang yang dititipkan di bagasi pesawat.

"Awalnya kami tidak tahu karena tidak ada pemberitahuan awal dari petugas Lion Air. Kami tahu setelah hendak mengambil barang bawaan di tempat pengambilan barang. Ternyata semua barang-barang penumpang tertinggal di Yogyakarta," kata salah satu penumpang yang mengaku bernama Rudi, di terminal Hang Nadim Batam dengan kesal.

Pihak maskapai Lion Air wilayah Batam di Bandara Internasional Hang Nadim mencoba menenangkan ratusan penumpang yang sudah mengamuk. Menurut petugas Lion Air, semua barang bawaan ratusan penumpang dari Yogyakarta akan dikirim ke Batam.

"Tadi kami didata. Katanya (petugas,red) semua barang bawaan kami akan dikirim ke alamat penumpang masing-masing," kata dia lagi.

Tidak hanya barang bawaan ratusan penumpang yang tidak diangkut pesawat Lion Air JT 277 dari Yogyakarta. Sebelumnya pesawat tersebut juga mengalami keterlambatan penerbangan selama satu jam terbang ke Batam.

"Sebelumnya juga terlambat terbang. Seharusnya pesawat berangkat pukul 12.20, tapi baru berangkat pada pukul 13.35 WIB dan tiba di Batam pukul 15.35 WIB," katanya dengan nada kesal.

Kepala Bagian Keungan dan Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Swarso, membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan barang bawaan penumpang yang tertinggal di Yogyakarta semuanya akan diantar ke alamat masing-masing. Pada Selasa (21/10/2014) barang bawaan penumpang baru akan diantar ke alamat penumpang di Batam.

"Sore ini sudah sampai, tapi pewawat tidak langsung ke Batam karena pesawat transit ke bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Setelah di Jakarta barulah terbang ke Batam," tuturnya.

Sementara itu, Distrik Manager Lion Air Batam, Mahridho, kepada wartawan melalui sambungan selulernya mengaku belum mendapat laporan itu dari anggotanya.

"Belum-belum, nanti saya kroscek dulu. Apa benar kejadiannya seperti itu. Nanti hubungi saya lagi karena saat ini saya sedang rapat," ujarnya yang kemudian nomor ponselnya tidak aktif. (*)

Editor: Roelan