Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sacofa Akhirnya Mau Berbagi Jaringan Internet di Anambas
Oleh : Nursali
Senin | 20-10-2014 | 10:21 WIB
Bupati KKA, T. Mukhtaruddin (2).jpg Honda-Batam
Tengku Mukhtaruddin, Bupati Anambas.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - PT Sacofa akhirnya mau berbagi jaringan telekomunikasi dan internet di Kabupaten Kepulauan Anambas setelah terjalin kesepakatan dengan dinas dan instansi terkait.


"Kominfo, Telkom dan PT Sacofa telah sepakat untuk berbagi dengan kita. Dengan kuota yang diberikan kepada kita, kita akan salurkan kepada masyarakat Anambas," kata Tengku Mukhtaruddin, Bupati Anambas, Senin (20/10/2014).

Seberapa besar bandwidthnya yang akan diberikan oleh perusahaan asal Malaysia kepada Anambas, Tengku belum bisa memastikan. Namun diperkirakan kuota tersebut mampu meng-cover seluruh masyarakat hingga ke pulau-pulau. Diperkirakan, di akhir masa jabatan Tengku, layanan telekomunikasi dan internet dapat dinikmati oleh masyarakat kabupaten ini.

"Kemungkinan baru tahun depan kita bisa merasakan bersama. Karena ada perangkat pendukung yang harus kita siapkan terlebih dahulu. Diperkirakan akhir tahun depan masyarakat kita sudah leluasa gunakan jaringan komunikasi," kata Tengku.

Tengku menjelaskan, dalam kesepakatan tersebut pemerintah tidak langsung bekerjasama dengan PT Sacofa. Perusahaan tersebut hanya memberikan kuota bandwidth dan harus ada pihak ketiga yang menjadi pengelola dan juga menyediakan sarana pendukung lainnya.

"Rencananya Telkom yang kita percayai untuk mengelolanya. Jadi PT tersebut tidak turun langsung kemari, mereka hanya memberikan bandwidth-nya kepada kita. Selanjutnya pemerintah lah yang akan menyalurkan kepada masyarakat," Katanya

Selain itu, Tengku juga tak banyak komentar mengenai tingkat keamanan atas kerjasama dengan perusahaan dari Malaysia tersebut. Namun ia menegaskan untuk keamanan akan diatur seiring berjalannya kerjasama tersebut di kabupaten kepulauan ini. "Masalah keamanan, sambil berjalan nanti diatur," ucapnya singkat.

Editor: Dodo