Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3.500 Pelajar dan Anggota Majelis Taklim se-Batam Ikuti Lomba Manasik Haji
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 18-10-2014 | 16:44 WIB
manasik.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 3.500 pelajar TK hingga SLTA dan majelis taklim se-Batam mengikuti lomba manasik haji yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Batam di Dataran Engku Puteri, Sabtu (18/10/2014).

Samudin, ketua pelaksana lomba, mengatakan, lomba manasik haji ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun dan ini merupakan tahun keenam. Lomba dibagi dalam lima kategori umur mulai dari kategori TK, SD, SMP, SMA, dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT).

"Lomba ini diikuti lebih dari 3.500 peserta. Untuk kategori TK dan SD digelar hari ini, sedangkan SMP, SMA, dan BKMT digelar besok," katar pria yang menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setdako Batam itu.

Lomba manasik haji tersebut bukan hanya lomba tetapi juga pembelajaran khususnya untuk anak-anak agar belajar tentang bacaan dan tata cara berhaji. "Sehingga ketika besar nanti mereka hendak berhaji, mereka sudah akan paham. Sebab anak-anak itu daya serapnya tinggi. Sekitar 80-90 persen. Apa yang mereka pelajari sekarang, pasti akan terkenang," kata Samudin.

Dewan juri dalam perlombaan berjumlah 75 orang yang semuanya berasal dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Batam.

Sekretaris Jenderal IPHI Batam, Muhammad Dirham, mengatakan, penilaian juri ada pada proses pelaksanaan haji tamattu'. Mulai dari membaca niat miqat, lalu sampai ke Arafah, mendengarkan khotbah, sholat, dan berzikir.

Kemudian di Musdalifah mengambil batu, dan di Mina untuk melempar jumrah, tahalul dan membaca doa. Lalu dilanjutkan dengan tawaf, sa'i, dan selesai.

"Setiap tempat nanti akan ada tiga juri. Setiap juri akan memiliki penilaiannya masing-masing. Jadi, tidak akan memihak ke satu sekolah," ujarnya. (*)

Editor: Roelan