Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Delapan Ruli di Batuaji Ludes Terbakar, 27 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal
Oleh : Gokli Nainggolan
Jum'at | 17-10-2014 | 14:23 WIB
kebakaran ruli batuaji.jpg Honda-Batam
Puing-puing rumah yang terbakar di Gang Sentosa, Kelurahan Tanjunguncang, RT01/RW04 Batuaji pada Jumat pagi. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 27 jiwa warga Gang Sentosa, Kelurahan Tanjunguncang, RT01/RW04 Batuaji, kehilangan tempat tinggal. Delapan rumah liar (ruli) yang mereka tempati hangus dilalap api pada Jumat (17/10/2014) pagi tadi.

Informasi yang diterima, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Kobaran api yang diduga akibat korsleting listrik itu berhasil dipadamkan dengan peralatan seadanya dan dibantu tiga mobil pemadam kebakaran.

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.30 WIB. Tak ada korban jiwa, tapi seisi rumah habis terbakar," kata Ketua RT01, Jahir Buang Manalu, Jumat siang.

Kendati tak ada korban jiwa, lanjut Jahir Buang, kerugian korban mencapai sekitar Rp120 juta, akibat tak ada barang berharga yang sempat diselamatkan. "Penghuni rumah sebagian ada yang sudah berangkat kerja, ada juga yang masih di rumah. Karena korban api yang cepat membesar, tak ada barang yang sempat terselamatkan," jelasnya.

Delapan rumah yang hangus terbakar, satu di antarnya dalam keadaan kosong. Sementara tujuh rumah lainnya diketahui milik Indra Pesomba (34), Adi Brama (29), Teodorus Who (42), Simon Selo (27), Sarifudin (31), dan Maximus (45).

Sampai saat ini, lanjut Jahir Boang, para korban belum mendapat bantuan dari pemerintah. Bahkan, akibat tidak adanya tenda penampungan, para korban terpaksa harus menumpang di rumah warga sekitar.

"Pihak kelurahan dan dinsos sudah datang ke lokasi, tapi belum ada bantuan. Kami juga berharap uluran tangan masyrakat lainnya untuk meringankan beban para korban," kata dia, yang diamini beberapa warga lainnya. (*)

Editor: Roelan