Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FAO Luncurkan Alat Pengawasan Hutan Baru
Oleh : Redaksi
Jum'at | 17-10-2014 | 10:34 WIB
hutan_hujan.jpg Honda-Batam
Hutan hujan di Amazon, Amerika Selatan.

BATAMTODAY.COM - Aplikasi gratis dan terbuka ini akan membantu dunia mengatasi deforestasi dan perubahan iklim. Dengan bantuan aplikasi ini Ekuador dan Tanzania bisa menyelesaikan pendataan hutan pertama mereka dalam skala nasional. Aplikasi yang dikembangkan atas bantuan pemerintah Finlandia dan Jerman tersebut bernama Open Foris.


Aplikasi ini juga bisa digunakan gratis oleh negara berkembang lain untuk mengawasi hutan, menanggulangi deforestasi dan mengatasi perubahan iklim. Aplikasi ini bisa menjadi alat inventaris yang lengkap dari mulai penelitian awal, perancangan, pengumpulan data di lapangan, alat analisis dan pelaporan.

Informasi yang akurat mengenai hutan penting bagi pemerintah dalam mengelola sumber daya alam mereka secara berkelanjutan. Namun lebih dari 80% negara-negara berkembang kesulitan mendapatkan informasi dasar tentang sumber daya hutan mereka.

Pada saat yang sama deforestasi dan degradasi hutan - yang banyak terjadi di negara berkembang - terus menjadi sumber emisi gas rumah kaca penyebab perubahan iklim dan pemanasan global. Selain dua negara di atas, para ahli di negara lain seperti Argentina, Bhutan, Papua Nugini dan Uruguay telah mendapatkan pelatihan menggunakan alat ini.

Vietnam - yang melakukan kegiatan inventaris lima tahun sekali - untuk pertama kalinya menggunakan Open Foris di wilayah mereka dan mengembangkan lebih lanjut aplikasi terbuka ini agar lebih mudah dipakai oleh masyarakat Vietnam.

"Banyak negara yang tidak memiliki gambaran besar apa yang tengah terjadi di hutan-hutan mereka. Tanpa pengetahuan ini sangat sulit untuk region menciptakan kebijakan hutan yang tepat untuk menanggulangi deforestasi dan degradasi hutan guna menunjang target perubahan iklim nasional," ujar Eduardo Rojas-Briales, Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kehutanan, dalam berita FAO. 

Sumber: Hijauku.com