Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Kemampuan Wartawan, PWI Kepri Gelar Sekolah Jurnalistik
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 17-10-2014 | 08:58 WIB
Reza Fahlevi.jpg Honda-Batam
Kepala SJI Batam, Reza Fahlevi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan di Provinsi Kepri, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepri dan PWI Pusat menggelar kegiatan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) di Batam, 9 November 2014 mendatang.


SJI pertama di Batam ini konsentrasi programnya diarahkan pada tingkatan dasar. Meski demikian, para pengajarnya adalah wartawan senior yang sudah memiliki pengalaman mendalam mengenai ilmu jurnalistik. Mereka itu adalah adalah Sabam Siagian, Marah Sakti Siregar, Saur Hutabarat, Hendry Ch. Bangun, Wina Armada, Encub Soebakti, TD Asmadi, Liberty Sihombing, Priyambodo dan Bardja Hardjosoebroto.

Demikian ungkap Kepala SJI Batam, Reza Fahlevi yang juga Wakil Ketua PWI Kepri. "Ini program yang sangat bagus untuk meningkatkan profesionalisme wartawan. Karena materi dan pengajarnya sangat kompeten," ungkap Reza Fahlevi, Jumat (17/10/2014). 

Selain itu, tambah Reza Fahlevi, para peserta didik juga akan mendapat ilmu mengenai fotografi yang akan diajarkan oleh wartawan foto senior Arbain Rambe. "Jadi, saya minta kepada para pemimpin media di Kepri untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan mengutus wartawan atau redakturnya," tambah Reza Fahlevi.

Ditambahkan Wakil Kepala SJI, Saibansah Dardani, SJI di Batam ini adalah yang ke-12 di Indonesia ini akan digelar selama 7 hari dari tanggal 9 hingga 15 November 2014 di Hotel Harmoni One Batam Center. Pesertanya dibatasi hanya 25 orang saja agar kegiatan pengajarannya efektif. 

"Karena ini program pendidikan dengan materi yang padat, maka kegiatan SJI dilakukan dari pukul 09.00 sampai dengan 21.00 WIB," ungkap Saibansah Dardani. 

Untuk mengikuti program ini, tambah Sekretaris PWI Kepri itu, wartawan harus mendapat rekomendasi dari Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Perusahaan tempatnya bekerja. Karena selama mengikuti program SJI, seluruh wartawan harus fokus mengikuti program dan dibebaskan dari tugas-tugas dari kantor tempatnya bekerja. "Sehingga, diharapkan seluruh peserta SJI Batam dinyatakan lulus dan mendapat predikat baik," harap Saibansah.

Para pemimpin redaksi media di Batam yang berminat mengikutkan wartawannya menjadi peserta SJI Batam, dapat menghubungi : Sekretaris SJI Batam Umy Kalsum di 0819-2226625 atau Sekretaris PWI Kepri, Saibansah Dardani di 0821-71208791. *

Editor: Dodo