Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelni Keluhkan Pelabuhan Beton Sekupang yang Tak Layak
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 16-10-2014 | 13:21 WIB
km_kelud_bersandar.jpg Honda-Batam
KM Kelud saat merapat di Pelabuhan Beton, Sekupang.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Pelayanan terhadap para pelanggan dan pengguna transportasi laut kapal Pelni di Batam kerap menjadi buah bibir oleh penumpang. Lantaran beberapa sarana dari parkir hingga ruang pemberangkatan sangatlah jauh dari kata layak.


Hal itu juga dirasakan oleh Kepala Pelni Batam yang baru, Hambali. Dia mengaku sangat terkejut ketika melihat ruang trasportasi Pelabuhan Beton Sekupang (PBS) antar daerah sangat di bawah standar.

"Saya kaget waktu melihat-lihat kondisi sarana yang ada. Perbedaanya jauh dari pelabuhan Pelni yang ada di Jayapura. Padahal Batam ini kan bersebelahan dengan negara tetangga, seharusnya fasilitas transportasi itu mewah," ujar Hambali yang merupakan mantan kepala Pelni Cabang Pelabuhan Jayapura, Kamis (16/10/2014).

Menurut Hambali, Batam yang sebagai daerah strategis perbatasan dengan negara tetangga Indonesia sangatlah perlu dibenahi lebih jauh. Ia pun terus membedakan kondisi pelabuhan Pelni di Batam dengan Jayapura.

Ia menuturkan ruang tunggu yang berada di pelabuhan Pelni Jayapura jauh lebih nyaman dan tersedia beberapa fasilitas yang komplit. Sementara itu di ruang tunggu di pelabuhan Beton sangatlah menyesakan nafas para penumpang.

Selain itu juga tak adanya tempat duduk yang berstandar internasional, kondisi ruangan juga kotor dan penuh debu serta lapangan parkir yang tak tersedia menjadikan suasana lalu lintas amburadul.

"Ya kita perlahan akan dorong pihak terkait untuk memajukan kondisi ini agar para penumpang nyaman saja saat hendak berangkat maupun yang datang," pungkasnya.

Editor: Dodo