Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gitaris RATM Kecam Penembakan di Ferguson
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-10-2014 | 08:38 WIB
Tom_Morello_360.jpg Honda-Batam
Tom Morello. (Foto: Rolling Stone).

BATAMTODAY.COM - Pada 5 September lalu, dalam konser amal Jail Guitar Doors di Los Angeles, Tom Morello, dalam format solo alter egonya sebagai Nightwatchman, tampil membawakan sebuah lagu bertajuk "Marching on Ferguson", terinspirasi oleh tragedi penembakan seorang remaja Afrika Amerika bernama Michael Brown oleh polisi berkulit putih bernama Darren Wilson. Kini lagu berwarna blues itu diluncurkan secara resmi dalam versi studionya. 


"Marching on Ferguson" tersedia sebagai unduhan gratis di situs resmi Ferguson October, sebuah program kolaborasi dari ratusan organisasi yang berupaya mengakhiri kekerasan aparat kepolisian terhadap komunitas kulit hitam, baik di Ferguson, daerah tertembaknya Brown, maupun wilayah-wilayah lainnya. 

Meski membagikan lagunya secara gratis, gitaris Rage Against The Machine itu tetap menghimbau publik untuk memberikan donasi serelanya. Ini menjadi bagian dari kampanye Artist for Ferguson di mana para musisi menciptakan dan menyumbangkan lagu-lagunya untuk mengumpulkan dana bagi para demonstran yang ditahan usai melakukan aksi protes pada peristiwa naas tersebut. 

"Seratus persen keuntungan dari 'Marching On Ferguson' akan mendukung penyelamatan pada demonstran di area Ferguson yang menghadapi serangan, penangkapan tanpa sebab, dan kekerasan dari polisi," ujar Morello.

Ia melanjutkan, "Saya menyaksikan insiden rasial yang tak terhitung lagi oleh kebrutalan polisi di hidup saya, dan inilah waktunya untuk berkata 'Cukup!', atas nama mereka yang terbunuh dan teraniaya tanpa sebab. Untuk semua pria dan wanita yang berani bersuara melawan ketidakadilan di Ferguson dan kawasan lainnya, lagu ini untuk Anda." 

Peristiwa yang berbuntut panjang dan segera mendapat perhatian internasional yang signifikan, terutama kaitannya dengan isu rasisme, itu terjadi pada 9 Agustus lalu. "Carving up that golden calf with a blowtorch and gas mask/I'm marching on Ferguson/I'm marching tonight," bunyi salah satu potongan lirik dari "Marching on Ferguson."

Sumber: Rolling Stone