Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aktivitas di Kawasan Industri Mukakuning Tak Terpengaruh Demo Buruh
Oleh : Gokli
Kamis | 02-10-2014 | 10:37 WIB
Kawasan-industri-Batamindo-Batam.jpg Honda-Batam
Kawasan Industri Batamindo di Mukakuning.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kendati ribuan buruh turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa, ativitas perusahaan di Kawasan Industri Mukakuning yakni Panbil dan Batamindo tetap berjalan normal, Kamis (2/10/2014) siang.

Informasi diperoleh dari massa buruh yang melakukan aksi unjuk rasa, aktivitas produksi di perusahaan tetap berjalan. Sebab, ribuan buruh lainnya masih tetap bekerja, yang turun ke jalan buruh yang masuk shift malam dan sore.

"Massa yang turun ke jalan pekerja yang masuk malam dan sore. Yang masuk pagi tetap kerja seperti biasa, supaya aktivitas produksi tetap berjalan," kata Anwar salah seorang buruh di Mukakuning, sebelum bergerak menuju Kantor Pemko dan BP Batam.

Menurutnya, ribuan buruh yang melakukan aksi unjuk rasa itu pekerja dari sekitar 70 perusahaan di daerah Mukakuning, Tanjunguncang dan Batam Center. Massa yang melakukan unjuk rasa itu merupakan anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam.

"Ini massa FSPMI aja, gak tahu setelah di Batam Center ada massa dari serikat lain. Kalau rencana hanya massa dari 70 perusahaan saja, itu pun gak semua diturunkan," jelas pria yang selalu ada di saat buruh FSPMI melakukan aksi di Batam.

Pantauan di Kawasan Industri Mukakuning, aktivitas produksi ratusan perusahaan terlihat normal. Pengamanan yang dilakukan pengelola kawasan dua lokasi Industri di Mukakuning yakni Panbil dan Batamindo juga terlihat normal seperti hari-hari sebelumnya.

Editor: Dodo