Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mainkan Lagu-lagu Led Zeppelin, Jimmy Page Siap Bentuk Band Baru
Oleh : Redaksi
Kamis | 02-10-2014 | 09:15 WIB
jimmy_pages.jpg Honda-Batam
Jimmy Page, gitaris Led Zeppelin semasa mudanya. (Foto: BBC).

BATAMTODAY.COM - Pasca mengguncang semesta musik rock dengan salah satu konser reuni paling dikenang, di O2 Arena, London pada 2007 silam, Jimmy Page terus mendapat desakan untuk mengumpulkan para personel Led Zeppelin kembali dan melangsungkan tur konser tahun depan.

Lantaran tak semua personel memiliki hasrat yang sama, Page malahan hendak membentuk band baru untuk membawakan lagu-lagu Led Zeppelin.

"Tak ada yang dapat saya katakan tentangnya (kemungkinan reuni)," ujarnya pada Rolling Stone. "Saya tak akan menjelaskan secara rinci pada kalian atas apa yang masing-masing dari mereka katakan. Saya hanya bisa bilang bahwa itu kemungkinan tak akan terlaksana."

Namun, bukan berarti Page memupus harapan publik untuk menyaksikannya memainkan karya-karya klasik Zeppelin, setidaknya dalam format berbeda. "Jika saya memainkannya kembali, kemungkinan akan diiringi dengan musisi-musisi yang baru," tukasnya. "Saya akan melakukannya tahun depan."

"Jika saya bermain lagi, saya akan memainkan materi-materi yang ada dalam karir bermusik saya," lanjutnya. "Saya akan kembali pada era-era awal saya, termasuk materi The Yardbirds, dan tentu beberapa materi baru. Dan saya harap juga bisa memainkan lagu-lagu seperti versi instrumental 'Dazed and Confused' dan sebagainya."

Dalam wawancara yang sama, Page juga memperbincangkan proyek rilisan ulang album Led Zeppelin IV dan Houses of the Holy, yang akan diluncurkan pada 28 Oktober mendatang. Sejumlah lagu-lagu lama dalam versi berbeda yang belum pernah beredar akan diturutkan dalam kedua rilisan tersebut, termasuk versi Sunset Sound Mix dari "Stairway To Heaven".

Baik Led Zeppelin IV maupun Houses of the Holy telah terjual sedikitnya 10 juta kopi album di dunia, angka yang hampir tak pernah terjangkau oleh musisi-musisi modern. Namun, menurut Page, tak elok untuk membandingkannya, mengingat era Led Zeppelin merupakan dunia yang berbeda dengan periode bernaungnya band-band di masa kini.

Page menuturkan, "Tapi wajar jika kemudian saya bilang bahwa itu pun karena Led Zeppelin tak pernah merisaukan pembuatan single setiap kami menggarap album. Maka Anda dapat terus melangkah maju, yang mana berkebalikan dengan upaya untuk terus kembali ke single seperti yang lazim dilakukan musisi-musisi di setahun belakangan."

"Saya punya banyak koleksi lagu-lagu agar saya bisa memahami apa yang para musisi lakukan saat ini. Era album belumlah mati bagi saya. Saya masih membeli piringan hitam," imbuhnya.

Sumber: Rolling Stone