Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Siswa SMKN 1 Batam Wakili Indonesia Pada Lomba ASC di Vietnam
Oleh : Gokli Nainggolan
Senin | 29-09-2014 | 18:47 WIB
kasek_smkn_1_batam.jpg Honda-Batam
Kepala SMKN 1 Batam, Lea Lindrawijaya. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lima siswa SMK Negeri 1 Batam akan mewakili Indonesia pada lomba Asean Skills Competition (ASC) 2014 yang akan digelar di Vietnam pada Oktober mendatang. Kelima siswa yang dikirim itu antara lain Hermawan Andrianto, Tangguh Wicaksono, Rio Mayza, Ghylang Sujabbar, dan Deny Arif Kurnia.

Kelima siswa itu dibagi menjadi dua tim yang mengikuti dua perlombaan, yakni Industrial Control dan Computer Numerical Control (CNC) Maintenance and Repair. Untuk perlombaan Industrial Control diikuti oleh Hermawan Andrianto dan Tangguh Wicaksono, sedangkan CNC Maintenance and Repair diikuti oleh Rio Mayza, Ghylang Sujabbar, dan Deny Arif Kurnia.

Kepala SMK Negeri 1 Batam, Lea Lindrawijaya, menyampaikan, sebelum diberangkatkan ke Vietnam kelima anak didiknya itu terlebih dahulu menjalani pelatihan di Cevest Bekasi setelah memenang lomba tingkat nasional.

"Pada tingkat nasional siswa SMKN 1 Batam meraih juara I. Setelah itu mereka menjalani pelatihan di Cevest Bekasi untuk persiapan lomba ASC 2014 di Vietnam mewakili Indonesia," kata Lea, Senin (29/9/2014) di SMKN 1 Batam.

Lea menambahkan, pada tahun lalu siswa SMKN 1 Batam juga meraih juara pertama di tingkat Asia yang digelar di Kota Beijing, Tiongkok. Sehingga, kata Lea, pengalaman siswa dari beberapa lomba itu bisa meningkatkan kemampuan dan mental kelima siswanya untuk menjadi juara pertama pada lomba ASC 2014.

"Kalau saya tak salah, tanggal 19 Oktober kedua tim itu sudah berangkat ke Vietnam. Kita berharap mereka dapat mengharumkan Indonesia dan juga SMKN 1 Batam," harap Lea.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Hardawi, mengatakan, kelima siswa yang berhasil mewakili Indonesia pada ASC 2014 dari jurusan Mekatronik. Sebelumnya mereka sudah satu tahun menjalani pelatihan di Cevest Bekasi.

"Setelah menang lomba tingkat nasional, mereka langsung dilatih di Cevest Bekasi. Sebelumnya juga, siswa itu sudah mendapat pelatihan yang cukup di sekolah," jelasnya. (*)

Editor: Roelan