Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SDN 005 Cahaya Meral Juarai Lomba Berbaris Polisi Cilik ke-59 se-Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 29-09-2014 | 11:55 WIB
LKBB_Polisi_Cilik_Tahun_2014.jpg Honda-Batam
Peserta lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB) Polisi Cilik se-Kabupaten Karimun tahun 2014 sedang unjuk kebolehan. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sekolah Dasar Negeri 005 Cahaya Meral berhasil meraih juara I dalam lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB) polisi cilik se-Kabupaten Karimun tahun 2014, dengan nilai 975. Sementara di posisi kedua direbut juara II dari SDN 004 Tebing dengan nilai 660, dan posisi ketiga diraih SDN 003 Meral dengan nilai 655.

Sedangkan juga harapan I direbut SDN 004 Meral dengan nilai 570 dan juara harapan II serta harapan III masing-masing SDN OO6 Tebing dengan nilai 485 dan SDS Mahabodhi dengan nilai 450.

Lomba ini diikuti 10 SD negeri dan swasta di Tanjungbalai yang dilaksanakan pada Sabtu (27/9/2014) di halaman Mapolres Karimun. Kegiatan yang bertajuk 'Mewujudkan pelayanan kamseltibcar lantas prima, penguatan sinergi polisional yang proaktif, guna mendukung kamdagri yang mantap' itu diikuti 160 orang siswa SD se-Karimun, dalam rangkaian acara perayaan HUT Polantas Republik Indonesia yang ke-59 oleh Polres Karimun.

Kapolres Karimun, AKBP Dwi Suryo Cahyono, dalam sambutannya mengatakan, lomba seperti ini sebagai bentuk pendidikan  tentang pehamanan berlalu lintas serta  memberikan pelajaran mengenai kedisiplinan, kepada siswa SD. "Memang perlu dari sejak dini diajarkan tentang pemahaman berlalu lintas yang baik dan benar, begitu juga dengan kedisiplinan. Sebab, disiplin tidak hanya di waktu sekolah, tetapi perlu dilakukan di mana saja berada," ulasnya.

Kapolres menyebut, polantas merupakan etalase polisi di depan. Jika sedikit saja berbuat kesalahan atau penyimpangan, akan berdampak besar terhadap nama besar kepolisian.

"Diharapkan kepada polantas, khususnya Satlantas di Mapolres Karimun, di usia ke-59 ini harus lebih profesional, dan tulus ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Karimun, Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Ngurah Joni, menyampaikan, lomba yang  dilaksanakan itu berlangsung satu hari dengan hadiah  berupa piala, piagam serta uang pembinaan. Tujuannya untuk mengajarkan kepada siswa SD cara baris berbaris yang baik dan benar sehingga ke depannya bisa menjadi teladan di masyarakat.

Dijelaskan, sistem penilaian pada LKBB polisi cilik dilakukan dari semua aspek. Seperti kerapiran barisan, kerapian pakaian, kekompakan, seragam dan semangat dari peserta. "Juara I dan II yang memenangkan lomba ini akan ditampilkan pada kegiatan-kegiatan lainnya. Selain itu, berkemungkinan juga juara tersebut akan diikut sertakan pada lomba serupa ke tingkat lebih tinggi lagi," ujarnya. (*)

Editor: Roelan