Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Pembeli Kecanduan, Penjual Mie di Tiongkok Campurkan Bubuk Opium
Oleh : Redaksi
Rabu | 24-09-2014 | 12:07 WIB
mie_candu_bbc.jpg Honda-Batam
Mie di Tiongkok yang dicampuri candu. (Foto: BBC).

BATAMTODAY.COM - Seorang pemilik toko mie di Tiongkok mengakui membubuhkan bubuk opium pada barang dagangannya agar para pembeli kecanduan.

Penggunaan bahan tidak biasa -yang dipakai untuk membuat candu- di sebuah rumah makan di Yanan, Provinsi Shaanxi, diketahui setelah salah satu pembelinya terbukti positif memakai opium saat urinenya diuji polisi lalu lintas.

Orang tersebut menegaskan dirinya tidak pernah menyentuh obat bius tersebut, lapor Xian Evening News.

Karena mencurigai restoran tempat dirinya makan beberapa jam sebelum tes, Liu Juyou, mendorong kerabatnya untuk mengunjungi tempat tersebut dan menjalani tes sesudahnya. Mereka semua positif menggunakan candu.

Pemiliki toko, Zhang, mengakui kepada polisi dirinya membeli 2 kilogram kuncup candu -yang berisi biji tanaman tersebut- seharga US$100 bulan lalu. Dia menggilingnya menjadi bubuk dan mulai memasukkannya ke dalam mie-nya, lapor koran Hua Shang Bao.

Polisi mengatakan biji yang belum diolah memiliki cukup candu yang secara bertahap menumpuk di tubuh dan pada akhirnya memicu hasil positif jika dites. South China Morning Post melaporkan biji candu di masa lalu digemari sebelum pemakaiannya pada saus panas Cina dilarang.

Editor: Dodo