Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMAN 2 Jadi Tuan Rumah 'Sastrawan Bicara Siswa Bertanya' Nasional di Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Sabtu | 13-09-2014 | 17:51 WIB
P1240814.JPG Honda-Batam
Ari Knip bersama salah seorang saat membacakan puisi dalam kegiatan Sastrawan Bicara, Siswa Bertanya di SMAN 2 Tanjungpinang, Sabtu (13/9/2014). (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tanjungpinang terpilih sebagai tuan rumah kegiatan "Sastrawan Bicara, Siswa Bertanya (SBSB)" yang diadakan Direktorat Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh seluruh siswa SMA/SMK se-Tanjungpinang.

Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian Direktorak Dikmen, Kemendikbud, Hariyono, yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa bagaimana berkreativitas dari proses membaca dan akhirnya menjadikan sebuah karya dengan kreativitas dan inovasi dari kecerdasan siswa yang terlahir dari membaca.

"Memang kegiatan ini baru tahun ini dmulai, dan Tanjungpinang terpilih dari enam wilayah yang akan kita datangi untuk program SBSB ini. Kita harapkan dengan kegiatan ini siswa Tanjungpinang bisa meningkatkan kreativitas di bidang bahasa dan sastra. Selain itu mereka dapat pelajaran bahwa membaca itu sangat penting, bukan saja untuk kepintaran dan wawasan tetapi juga melatih kreativitas mereka," ujar Hariyono saat ditemui di SMAN 2 Tanjungpinang, Sabtu (13/9/2013).

Kegiatan ini sendiri diadakan di enam wilayah di Indonesia. Haryono menjelaskan, kegiatan pertama digelar di Bukittinggi, Sumatera Barat. Kemudian di Semarang dan Tanjungpinang merupakan kota ketiga.

"Setelah ini kita akan ke Yoogyakarta, Banjarmasin dan Semarang," terang Hariyono.

Acara ini penting mengingat membaca adalah salah satu kegiatan yang utama dalam pendidikan. Membaca juga tidak lepas dari sastra, oleh karena itu Dikmen mengajak para sastrawan sebagai sosok yang menjadi contoh untuk siswa siswi  bahwa dari rajin membaca itu kita akan menjadi orang yang besar dan terkenal, kata Hariyono.

"Di beberapa daerah kita mengajak para sastrawan yang terkenal salah satunya Taufik Ismail, dan Tanjungpinang juga kita bawa para sastrawan yang sangat profesional dan terkenal yaitu Ari Knip, Jamal D Rahman, Joni Ariadinata dan Sastri Sunarti," terang Hariyono.

Selain para sastrawan nasional, kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh dua sastrawan lokal, Teja Alhabd dan Abdul Kadir Ibrahim atau yang akrab disapa Akib.

Sementara, Kepala SMAN 2 Tanjungpinang, Encik Abdul Hajar, menilai, kegiatan ini sangat berguna khususnya bagi pelajar yang sangat minim sekai mengetahui tentang sastra dan sastrawan. Selain itu dia mengatakan, sebagai kepala sekolah, dia sangat bangga SMAN 2 menjadi tuan rumah diselengarakannya acara tersebut.

"Dengan adanya acara ini, kita berharap siswa bisa lebih meencintai sastra dan tergugah untuk menjadi sastrawan dengan karya-karya yang menakjubkan. Apalagi kita Kota Gurindam Negeri Pantun, Melayu sangat kental dengan sastra. Jadi, siswa di era sekarang ini harus tahu dan bisa menunjukkan kreativitas mereka dalam meningkatkan citra Tanjungpinang," ujar Encik. (*)\

Editor: Roelan