Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Energy Bar yang Terbuat dari Tepung Jangkrik
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-09-2014 | 12:54 WIB
energy_bar_merdeka.jpg Honda-Batam
(Foto: DailyMail/Merdeka.com).

BATAMTODAY.COM - Beberapa tahun belakangan daging sapi dan hewan yang selama ini dikonsumsi sebagai sumber protein hewani dituding membawa efek negatif untuk kesehatan tubuh, antara lain menyebabkan kolesterol dan kanker. Karena itulah belakangan ini sumber protein hewani alternatif mulai dilirik.

Exo, sebuah perusahaan makanan yang berbasis di Los Angeles, California, telah membuat terobosan baru dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani yang relatif lebih rendah risiko bagi kesehatan. 

Dilaporkan DailyMail perusahaan ini mengeluarkan energy bar (makanan suplemental penambah energi instan dalam bentuk batangan) yang terbuat dari serangga, yaitu jangkrik. Makanan penambah energi ini mengandung tepung jangkrik yang dibuat dengan mengeringkan dan menggiling jangkrik.

Makanan penambah energi instan ini adalah gagasan dari Gabi Lewis dan Greg Sewitz, pendiri Exo. Penelitian yang dilakukan oleh dua pria ini menemukan bukti bahwa jangkrik mengandung protein sebanyak 69 persen dari keseluruhan berat keringnya, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan fillet dada ayam dan sirloin steak. Serangga 20 kali lebih efisien sebagai sumber protein dibandingkan sapi. Selain itu serangga juga menghasilkan emisi metana 80 kali lebih rendah daripada sapi karena dari sisi pemeliharaan serangga hanya memerlukan sedikit lahan, air, dan pakan.

Sumber: Merdeka.com