Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama 3 Tahun, Wiski Ini Dimatangkan di Luar Angkasa
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-09-2014 | 11:16 WIB
wiski_merdeka.jpg Honda-Batam
(Foto: merdeka.com).

BATAMTODAY.COM - Ardbeg Distillery punya cara unik untuk menciptakan wiski baru yang lain daripada lain. Setelah menghabiskan tiga tahun di Stasiun Luar Angkasa Internasional, wiski buatan Ardbeg Distillery ini akhirnya kembali ke bumi. Wiski yang dibiarkan matang di luar angkasa ini diperkirakan akan mendarat di Kazakhstan pada tanggal 12 September mendatang, sebelum melakukan perjalanan ke Houston. 

Proyek ini merupakan bagian dari sebuah eksperimen untuk mempelajari dampak gravitasi pada proses pematangan alkohol. Wiski ini dibawa oleh sebuah pesawat ruang angkasa tak berawak pada Oktober 2011, bersama dengan partikel dari kayu ek hangus. 

Menurut laporan Irish Examiner, botol yang berisi minuman beralkohol ini secara khusus dirancang untuk misi tersebut, dan telah mengorbit di bumi sebanyak 15 kali dalam sehari, selama 1.045 hari.

Ketika botol wiski itu kembali, minuman itu tidak akan segera dikonsumsi. Minuman ini harus diuji terlebih dulu oleh para ilmuwan, dan dibandingkan dengan wiski biasa dari botol lain yang telah dimatangkan dalam kurun waktu yang sama. Mereka berencana untuk meneliti interaksi molekul Ardbeg - yang dibuat dengan kayu ek yang hangus, untuk mengukur perbedaan antara wiski di bumi dan wiski di luar angkasa. 

"Tim kami berharap bahwa ini dapat mengungkap bagaimana rasa yang dikembangkan dalam kondisi gravitasi yang berbeda. Temuan ini tentu dapat merevolusi proses pembuatan wiski," kata direktur Ardbeg Dr Bill Lumsden.

Sumber: Merdeka.com