Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Makanan Ini Tercipta karena Ketidaksengajaan
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-08-2014 | 11:57 WIB
yoghurt1.jpg Honda-Batam
Yogurt.

BATAMTODAY.COM - Semangat para koki dalam memasak mendorong mereka untuk menciptakan beragam hidangan yang lezat. Di tengah proses kreatif tersebut, kelima hidangan fenomenal ini justru tercipta karena ketidaksengajaan. Penasaran? Berikut adalah lima hidangan yang tercipta karena ketidaksengajaan.

1. Sandwich
Meskipun tampaknya tidak mungkin bahwa salah satu makanan pokok dari masyarakat Barat ini tercipta karena sebuah kecelakaan yang tidak disengaja, faktanya makanan yang diciptakan oleh John Montagu ini memang ditemukan karena sebuah ketidaksengajaan. 

Sandwich tercipta ketika Montagu meminta pelayannya untuk membawakannya sepotong daging yang ditaruh di antara dua potong roti - ketika dia sedang asyik bermain kartu. Makanan itu kemudian disebut dengan istilah 4th Earl of Sandwich, yang kini kita kenal sebagai sandwich.

2. Yogurt
Asal usul yogurt sendiri agak misterius. Makanan ini memiliki sejarah panjang sebagai makanan pokok di banyak negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Penciptaan yogurt rupanya juga terjadi karena sebuah ketidaksengajaan. Ketika susu ditempatkan dalam sebuah karung kulit kambing, kombinasi susu dan bakteri dari karung menyebabkan susu mengental, yang mengarah ke proses pembuatan yogurt.

3. Corn Flakes
Corn Flakes adalah salah satu jenis sereal yang populer di dunia. Corn Flakes diciptakan oleh Dr John Harvey Kellogg pada tahun 1895. Saat itu, John bekerja sebagai pengawas untuk Battle Creek Sanitarium. John menyuruh pasiennya untuk mengikuti diet vegetarian dan mencoba bereksperimen dengan makanan untuk menemukan makanan yang akan bekerja dengan baik untuk pasiennya. 

Ketika sedang memasak gandum, John dan saudara laki-lakinya secara tidak sengaja meninggalkan gandum itu agar jadi basi untuk memulai proses berikutnya. Saudara John terkejut ketika mengetahui bahwa gandum itu berubah bentuk jadi serpihan yang keras. Mereka kemudian menghidangkan sereal itu untuk pasien dan penemuan yang terjadi secara tidak disengaja itu dipatenkan pada 31 Mei 1895.

4. Cone es krim
Penemuan unik ini diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1904 di St Louis World's Fair. Abe Doumar, salah satu orang yang ikut memeriahkan pameran, memutuskan untuk menggulung beberapa kue wafelnya untuk membantu penjual lain yang sudah kehabisan piring untuk es krim. Penemuan yang terjadi secara tidak sengaja itu langsung menjadi hit dan tetap populer hingga sekarang.

5. Crepes Suzette
Crepes Suzette pertama kali diperkenalkan pada tahun 1895 di Cafe de Paris di Monte Carlo. Menurut cerita, ada seorang pelayan berusia 14 tahun bernama Henri Charpentier yang saat itu sedang melayani Prince of Wales, membakar gula dan mentega saat dia menyiapkan crepes untuk tamu kehormatan itu. 

Pangeran menyukai crepes buatan Henri dan ingin menamai hidangan spesial itu dengan nama pendamping makan malamnya, Suzette. Namun sayangnya cerita ini masih diperdebatkan, Henri sendiri telah mengklaim temuan tersebut dalam bukunya yang berjudul Life a la Henri (1934). 

Inilah lima makanan yang ternyata kemunculan terjadi secara tidak disengaja. Sudah pernah mencicipi kelima makanan di atas?

Sumber: Merdeka.com