Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gagal Jadi Wakil Rakyat, Harry Azas Azis dan Zulbahri Maju Jadi Anggota BPK
Oleh : Surya
Senin | 25-08-2014 | 16:34 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Dewan Perwakilan Daerah menyerahkan 25 nama calon pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke Komisi XI DPR yang lolos tahap uji kelayakan dan kepatutan.


Dari daftar 25 nama itu terdapat Wakil Ketua Komisi XI DPR Golkar Harry Azhar Aziz dan Ketua Komite IV DPD Zulbari. Keduanya merupakan Anggota DPR dan Senator asal Provinsi Kepulauan Riau yang gagal menjadi wakil rakyat periode 2014-2019.

"25 Nama ini akan disampaikan ke Komisi XI. Dari 63 yang sebelumnya 67 nama ikut fit and proper test. Empat orang kan ngundurin diri. 25 Nama ini nanti diserahkan ke Komisi XI," ujar Ketua Komite IV DPD, Litha Brent di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/8/2014).

Litha menegaskan pihaknya menyeleksi 25 nama ini dengan berbagai pertimbangan serta kriteria kompetensi yang menjadi acuan penilaian. Menurutnya, dari 25 nama ini nanti akhirnya bakal diciutkan menjadi lima nama oleh Komisi XI DPR. Namun, soal waktu penyeleksiannya, dia mengaku belum tahu karena hal tersebut wewenang Komisi XI.

"Kita diuji fit and propert test dan sidang paripurna ya. Soal nanti jadi lima orang akhirnya itu ya DPR, Komisi XI. Nanti kan mereka (pimpinan BKP terpilih) dilantik sama presiden pada Oktober. Yang pasti akhir September, lima nama ini kemungkinan besar sudah ada," ujar senator DPD asal Sulawesi Selatan itu.

Dari 25 nama yang diserahkan tersebut, Harry Azhar Azis dan Zulbahri mengunggulin perolehan kuadran dengan nilai kecocokan tinggi dan nilai kompetensi tinggi, Ketua BPK Rizal Djalil dan Anggota BPK Ali Masykur Musa.

Litha Brent berdalih muncul nama Zulbahri pada peringkat ketiga calon Anggota BPK, bukan bentuk karena Zulbahri Ketua Komite IV. "Kita tidak mencarikan jabatan baru buat Pak Zulbahri, ini semata-semata yang bersangkutan memang memiliki kompetensi," kata Litha.

Sedangkan Anggota Komite IV Sarah Lerry Mboik mengatakan, penetapan Zulbahri yang mengungguli penilaian Ketua BPK Rizal Djalil dan Anggota BPK Ali Masykur Musa karena penilaian yang dilakukan tidak hanya soal kemampuan dari masyarakat.

"Kita juga mendengar pengaduan dari masyarakat, karena belum tentu yang kita anggap 'malaikat belum tentu malaikat tetapi setan'. Bedasarkan laporan dari masyarakat integritas Pak Zulbahri sangat baik," kata Sarah.

Sementara Anggota Komite IV lainnya Nurmawanti Bantilan menambahkan, bahwa Zulbari memiliki kemampuan tentang tugas BPK ke masyarakat, sehingga masyarakat mengetahuii essensi BPK. "Dari program yang disampaikan Zulbahri langsung menyentuh masyarakat, sementara Ketua BPK dan Anggota BPK tak bisa menyentuh langsung," kata Nurmawati.

Dari ke-25 nama itu, nantinya akan dipilih lima nama sebagai Anggota BPK.  Berikut 25 nama calon Anggota BPK RI untuk masa jabatan periode 2014 - 2019 yang direkomendasikan DPD. Nama-nama ini masuk dalam kuadran dengan nilai kecocokan tinggi serta nilai kompetensi tinggi.

1. Syafri Adnan Baharudin
2. Harry Azhar Aziz
3. Zulbahri
4. Rizal Djalil
5. Binsar Simanjuntak
6. Ali Masykur Musa
7. Rama Pratama
8. Lauddin Marsuni
9. Gagaring Pagalung
10. Hasbi Anshory
11. Eddy Mulyadi Soepardi
12. Rinii Purwandari
13. Sukendar
14, Eddy Rasidin
15. Emita Wahyu Astami
16. Suprayitno
17. Eddy Faisal
18. Zindar Kar Marbun
19. Nur Yasin
20. Rusli Nasution
21. Yusran Basri Hasanuddin
22. Andi Wahyu Wibisana.
23. Harry Z. Soeratin
24. Bambang Pamungkas
25. Achsanul Qosasi

Editor : Surya