Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Pabrik Teh Prenjak Ancam Gelar Pemogokan Kerja Sepekan
Oleh : Habibi
Rabu | 20-08-2014 | 14:43 WIB
moker prenjak1.jpg Honda-Batam
Salah satu karyawan rela membawa anak dalam aksi demo tersebut.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Buruh PT Panca Rasa Pratama, produsen Teh Prenjak, mengancam akan menggelar aksi mogok kerja sepekan penuh hingga tuntutan agar 14 rekan mereka yang di-PHK dipekerjakan kembali dipenuhi manajemen.

"Kita akan melakukan aksi ini selama 24 jam dan itu dilakukan seminggu, dari Rabu (20/8/2014) hingga 27 Agustus mendatang," tutur Inggrit saat ditemui di lokasi, Rabu (20/8/2014).

Inggrit mengatakan, mereka tidak akan pulang ke rumah sebelum ada kejelasan dari pihak perusahaan terkait nasib 14 karyawan yang diduga di PHK secara sepihak oleh pihak perusahaan dan hingga hari ini sudah 3 bulan uang upah proses tidak dibayarkan.

"Upah proses sesuai UMR Tanjungpinang, dan sudah 3 bulan, kami juga belum ada kejelasan. Yang jelas kami meminta agar semua tuntutan kami bisa diproses dan dituruti, kalau tidak kami tidak akan pulang," terang Inggrit.

Aksi buruh tersebut sangat serius dilakukan, sebab para pendemo telah patungan untuk membeli perlengkapan makan mereka sehari-hari di sana selama seminggu. Ada beras, sembako lainnya juga peralatan masak yang dibawa dari rumah masing-masing.

"Kami ada ramai, yang punya anak memang dipersilahkan untuk pulang. Kami pun sangat berterimakasih mereka sudah ikut. Rekan-rekan sangat mendukung kami, mereka juga siap jika harus duduk selama seminggu disini," tutur Inggrit.

Salah satu pendemo yang namanya tidak mau disebutkan, mengaku akan ikut meramaikan aksi solidaritas terhadap rekan mereka yang dipecat. Bahkan dia mengaku telah meminta izin kepada suami dana anak untuk ikut aksi tersebut.

"Sudah izin sama suami, mudah-mudahan aksi ini ada hasil dan kami semua bisa berkumpul bersama lagi dan kerja bersama lagi," tutur ibu 2 anak tersebut.

Editor: Dodo