Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelajar di Karimun Wajib Mengenakan Seragam Pramuka Setiap Sabtu
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 15-08-2014 | 07:48 WIB
upacara pramuka.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun, menyerahkan hadiah kepada juara umum pada lomba perkemahan,yang diraih oleh Kwaran Kecamatan Meral.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pramuka merupakan tempat pembinaan mental dan kemampuan diri. Maka  pramuka harus mampu mengemban tugas yang diamanahkan dan tampil didepan. Untuk itu seluruh pelajar di Karimun diwajibkan memakai seragam pramuka setiap hari Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Karimun, Nurdin Basirun, Kamis (14/8/2014), saat memberikan pengarahan pada upacara memperingati ulang tahun Pramuka ke-53 di bumi perkemahan Kwartir Ranting (Kwaran) Desa Penarah, Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun.

Nurdin berharap agar Pramuka Kabupaten Karimun selalu meraih prestasi dan kesukseskan di manapun ditempatkan, serta bisa hidup dan dapat menyusaikan diri dengan lingkungannya. Sebab katanya lagi, Pramuka merupakan tempat pembinaan mental dan kemampuan diri, maka Pramuka harus mampu mengemban tugas yang diamanahkan dan tampil di depan.

Nurdin juga menyampaikan, pada perayaan HUT Kabupaten Karimun yang jatuh pada Oktober 2014 mendatang,  akan dilaksanakan peninjauan wilayah perbatasan dengan mengunakan kapal perang TNI AL.

"Peninjauan keliling ke wilayah perbatasan ini akan membawa seluruh gerakan Pramuka di Kabupaten Karimun dengan mengunakan kapal perang TNI AL dan sudah diagendakan. Oleh sebab,  diharapkan kepada Danlanal Tanjungbalai Karimun bisa membantu menghadirkan kapal perang untuk berkeliling nanti sehingga apa yang diharapkan bersama tersebut dapat terwujud nyata," kata Nurdin.

Sebelum menggelar puncak peringatan Hari Pramuka itu, terlebih dahulu dilaksanakan perkemahan di bumi perkemahan Kwaran Desa Penarah, Kecamatan Belat, selama tiga hari sejak tanggal 11 Agustus kemarin.

"Perkemahan yang digelar selama tiga hari dalam rangka menyambut HUT Pramuka ke-53 dan diikuti 793 orang Pramuka yang berasal dari masing-masing kwaran se-Kabupaten Karimun," ujar ketua panitia pelaksana, Saripah Nur Maria, dalam laporannya.

Sedangkan rincian dari jumlah peserta yang mengikuti perkemahan tersebut di antaranya Kwaran Kecamatan Karimun mengutuskan 42 orang, Kundur 45, Moro 19, Meral 45, Tebing 71, Kundur Utara 93, Kundur Barat 100, Buru 127, Durai 63, Meral Barat 38, Ungar 36, dan Kecamatan Belat 114 orang.

Usai upacara, acara diteruskan dengan pembagian hadiah juara umum pada lomba perkemahan, yang diraih oleh Kwaran Kecamatan Meral dan mendapatkan 11 emas, 6 perak serta 6 perungu.

Selain itu juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba lainnya terdiri dari Pramuka tingkat pelajar SD dan SMP putra-putri, seperti lomba regu penggalang, tenda penggalang, hasta karya, cerdas cermat, masakan darurat, MTQ, semaphore, pidato, hiking, morse, dan korvs tenda. (*)

Editor: Roelan