Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kondisi Great Barrier Reef Australia Semakin Memburuk
Oleh : Redaksi
Kamis | 14-08-2014 | 09:06 WIB
great_barrier_reef_bbc.jpg Honda-Batam
Great Barrier Reef Australia. (Foto: BBC).

BATAMTODAY.COM - Keadaan Great Barrier Reef Australia diramalkan buruk meskipun telah dilakukan usaha konservasi, kerusakan diperkirakan akan terus terjadi dalam beberapa tahun ini, kata sebuah laporan.

Ramalan suram ini tercantum dalam laporan lima tahunan yang dikeluarkan Otorita Taman Laut Great Barrier Reef.

Perubahan iklim tetap menjadi ancaman terbesar bagi daerah tersebut. Tetapi kualitas air yang buruk, pengembangan pantai dan perikanan juga menimbulkan berbagai tantangan.

"Bahkan dengan inisiatif manajemen akhir-akhir ini untuk mengurangi ancaman dan memperbaiki ketahanan, secara umum keadaan Great Barrier Reef memburuk sejak tahun 2009 dan diperkirakan akan semakin buruk," kata laporan yang dikeluarkan pekan ini.

Peningkatan pengurangan ancaman pada tingkat lokal dan kawasan diperlukan guna mengurangi penurunan dan memperbaiki kemampuan karang untuk memperbaiki diri.

Great Barrier Reef adalah rangkaian karang terbesar dunia yang kaya akan kehidupan laut. Karang sepanjang 2.600 km di pantai timur Australia ini berisi 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan dan 4.000 jenis moluska.

Karang ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, tetapi dalam beberapa tahun terakhir PBB memperingatkan karang ini akan dimasukkan ke daftar Warisan Dunia dalam Bahaya karena keadaannya memburuk.

Sumber: BBC