Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Targetkan Masuk Tiga Besar Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Nasional
Oleh : Habibi
Selasa | 05-08-2014 | 13:35 WIB
muhammad_yunus_disdik_kepri.JPG Honda-Batam
Muhammad Yunus, Kabid PSDMP Dinas Pendidikan Kepri.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menargetkan masuk ke dalam tiga besar pada ajang Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PTK PAUDNI) Berprestasi Nasional VIII. Sementara, kontingen Kepri sendiri akan dilepas pada 6 Agustus mendatang.

"Kalau dulu kita jadi tuan rumah dapat 1 emas dan 3 perunggu dan masuk lima besar. Tahun ini kita harapkan masuk tiga besar," ujar Muhammad Yunus, Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (PSDMP) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Selasa (5/8/2014).

Dia menjelaskan, lomba itu akan digelar pada 9 Agustus mendatang. Keberangkatan kontingen Kepri yang lebih awal dimasukkan agar peserta masih berkesempatan untuk digembleng agar lebih siap dan percaya diri pada saat bertanding.

"Di Bandung mereka di gembleng selama tiga hari di sana, setelah itu baru tanggal 9 Agustus pembukaan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi nasional ke-8. Dari Kepri kita bawa 15 orang mengikuti 17 cabang atau kategori lomba. Memang, dari 17 lomba atau kategori, 15 kategori perorangan dan dua katagori kelompok. Khusus untuk kelompok, paduan suara dan tarian kreatif," terang Yunus.

Terkait upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai target masuk tiga besar, Yunus mengaku bahwa pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin. "Yang kita lakukan melalui serangkaian kegiatan. Kita mengatakan pelatihan pembuatan karya tulis dan ilmiah yang diberikan kepada PTK PAUDNI, kegiatan seleksi di kabupaten/kota. Seleksi PTK PAUDNI tingkat provinsi setelah itu pemenang atau juara 1 tingkat provinsi dilakukan TC (trainning centre, red) pada tiga tahap pemantapan," terang Yunus.

Sementara itu untuk pelatihnya sendiri, Yunus mengatakan pihaknya menggunakan tim yang sama yaitu dari LPMP Provinsi Kepri dan DKI Jakarta. Karena itu Yunus optimis para peserta yang dikirim berkompeten. "Peserta paling dominan dari Tanjungpinang. Ada juga dari Batam, Lingga dan Karimun," tutur Yunus. (*)

Editor: Roelan