Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerapan Kurikulum 2013 Tahun Ini Masih Terkendala di Lingga
Oleh : Nurjali
Selasa | 05-08-2014 | 13:07 WIB

BATAMTODAY.COM, Dabo - Penerapan Kurikulum 2013 di Kabupaten Lingga untuk tahun ini masih terkendala. Selain belum adanya buku penunjang di semua sekolah, masih banyak guru di Lingga yang belum mendapatkan pelatihan Kurikulum 2013.

"Saat ini buku penunjang Kurikulum 2013 belum ada diserahkan ke sekolah, tapi kami sudah menyampaikan ke Dinas Pendidikan Provinsi Kepri untuk segera direalisasikan," kata Rahmat Surya, Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga, Selasa (5/8/2014).

Selain itu, imbuh Rahmat, minimnya pelatihan terhadap guru-guru tentang Kurikulum 2013 ini juga dikeluhkan sejumlah sekolah. Karena itu, pada pertengahan Agustus ini Disdikpora Lingga yang difasilitasi Dinas Pendidikan Kepri akan menggelar pelatihan Kurikulum 2013 untuk guru.

Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Al Barakah Singkep, Keizzy Dalfi, mengaku pihak sekolah masih kesulitan menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun ini. Selain belum adanya buku untuk siswa di sekolahnya, juga kesulitan menerapkan kurikulum khusus mata pelajaran agama Islam, karena hingga saat ini Kementerian Agama belum melakukan pelatihan maupun memberikan buku petunjuk untuk Kurikulum 2013.

"Kami ini ada dua kementerian, selain buku untuk siswa pelajaran umum belum dapat dari dinas pendidikan, buku petunjuk untuk pelajaran agama dari Kemenag juga belum ada, apalagi pelatihannya," terang Keizzy. (*)

Editor: Roelan