Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pancasila Pembentuk Karakter Bangsa
Oleh : Hadli
Selasa | 22-07-2014 | 12:32 WIB
dialog_mahasiswa.....jpg Honda-Batam
Diskusi mahasiswa yang dihelat Simpul Jaringan Mahasiswa Kepri di Hotel PIH.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Dasar negara Pancasila harus dijaga kelestariannya. Lima sila yang terkandung di dalamnya diyakini merupakan pembentuk karakter bangsa.

Inilah yang menjadi salah satu poin dalam diskusi mahasiswa yang dihelat Simpul Jaringan Mahasiswa Kepri bersama seluruh BEM, OKP, Ormas se-Batam, belum lama ini di Hotel PIH dengn menghadirkn narasumber Wakil Rektor Universitas Putra Batam (UPB), Dr. Mohamad Gita Indrawan, dan H.M.Zaenuddin, selaku dosen Politeknik Negeri Batam.

Bambang Heri, koordinator Simpul Jaringan Mahasiswa Kepri menyampaikan, sebagai masyarakat ilmiah, puasa bukan dijadikan alasan bagi mahasiswa untuk tidak berdiskusi. Globalisasi semakin dekat, sehingga kalangan akademisi harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan ini.

"Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila mampu membentuk karakter kita sebagai generasi bangsa. Tidak memandang kapan dan dimana, jika ada kemauan yang tinggi tentunya karakter anak bangsa dapat dibentuk sesuai Pancasila. Kalau tidak saat ini, kapan lagi," kata dia.

Umar, salah satu peserta dalam dialog mengatakan, sebagai mahasiswa pihaknya sangat senang dengan diadakannya dialog ini. Selain menambah wawasan, menurtnya mahasiswa harus lebih aktif lagi dalam forum yang digelar seperti ini.

"Dialognya santai namun makna yang terkandung dalam point-poin sangat bermakna, kita jadi paham tentang pentingnya mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa ini (Indonesia)," kata Umar yang diaminkan rekan-rekannya.

editor: Dodo