Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mazda2 Terbaru Diluncurkan Tahun Ini
Oleh : Redaksi
Senin | 21-07-2014 | 10:44 WIB

BATAMTODAY.COM - MAZDA mengejutkan dunia dengan merilis versi produksi dari Mazda2, sebelum debutnya di Paris Motor Show pada bulan Oktober mendatang. Rival Ford Fiesta ini adalah Mazda keempat yang menggunakan teknologi SkyActiv, dan bahasa desain Kodo (setelah CX-5, 6 dan 3).

Small hatchback ini akan diproduksi pertama kali di pabrik mereka di Hofu, dekat Hiroshima, dan dan diperkirakan akan tiba di Indonesia pada 2015. Namun diprediksi model ini juga akan diperkenalkan di IIMS 2014, September mendatang.

Di Indonesia, segmen small hatchback amatlah besar. Segmen ini dihuni oleh all new Honda Jazz, all new Toyota Yaris, Suzuki Swift, tiga model terlaris di segmen tersebut.

Mazda2 terbaru diklaim lebih berperforma, lebih hemat bahan bakar, lebih selamat, dan lebih fun to drive. Kombinasi kemenangan tersebut semakin mencuat karena sumber kami di Mazda mengatakan model ini akan lebih ringan sehingga lebih lincah dari pendahulunya.

Mazda2 terbaru akan menjadi Mazda pertama yang menggunakan mesin SkyActiv 1,5 liter turbodiesel. Emisi gas buang mesin hini dibawah 90 g/km.

Selain mesin diesel, akan tersedia mesin SkyActiv bensin yang digunakan di Mazda3 terbaru, menawarkan beragam pilihan tenaga puncak, dan dipadankan dengan transmisi SkyActiv otomatis serta manual enam percepatan.

Mazda2 terbaru menggunakan chassis dan bodi yang diramu dari prinsip-prinsip teknologi SkyActiv, sehingga lebih ringan dan rigid. Mazda2 terbaru sepertinya akan menjadi small hatchback paling ringan di segmennya, dengan bobot di bawah satu ton.

Desain Mazda2 terinspirasi oleh konsep Hazumi, yang pertama kali dipertunjukkan di Geneva motor show pada bulan Maret silam. Desain tersebut merupakan evolusi dari CX-5, 6 dan 3. Desain eksterior Mazda2 adalah hasil upaya desainer Jepang dengan input dari Jerman dan California.

Mazda belum mengkonfirmasi dimensi Mazda2 namun,  mengacu pada dimenzi Hazumi, maka panjangnya adalah 4.070 mm, lebarnya 1.730 mm dan tinggi 1.450 mm, menjadikannya lebih panjang, lebar dan tinggi dari Mazda2 generasi sebelumnya (3.920 mm x1.695 mm x1.475 mm)

Penambahan dimensi tersebut, membuat Mazda berani mengklaim interiornya sangat luas. Gaya desain interiornya sendiri dibuat lebih menawan dari generasi sebelumnya dan banyak terinspirasi oleh interior Mazda3. Mazda2 juga akan menggunakan material interior bermutu tinggi, disandingkan dengan sebuah kontrol sederhana untuk mengatur layar dan fungsi-fungsi interior.

Dua generasi terbaru akan menggunakan sistem MZD Connect in-car connectivity yang dapat terhubung dengan ponsel pengemudi. Perangkat keselamatan semacam i-Activesense juga akan tersedia sebagai opsional. (*)

Sumber: autocarindonesia.com