Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar CPNS Cukup Isikan NIK dan Email
Oleh : Redaksi
Kamis | 17-07-2014 | 11:46 WIB
140715025150714 cpns republika.jpg Honda-Batam
Ilustrasi pendaftaran CPNS model lama. (Foto: republika.co.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah mempermudah proses pendaftaran seleksi penerimaan CPNS pada tahun ini. Pendaftaran secara daring (online) yang terintegrasi ini cukup hanya dengan mengisi nama, nomor induk kepegawaian (NIK), dan email. 

"Kita berupaya mempermudah dan tidak memusingkan pelamar dengan sistem pendaftaran online ini," ujar Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Bidang SDM Aparatur, saat rapat persiapan pengadaan CPNS tahun 2014 di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Rabu (16/7/2014).

Dia menjelaskan, pelamar dapat membuka portal nasional http://panselnas.menpan.go.id untuk mendaftar seleksi CPNS. "Pelamar cukup meng-entry Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, dan email. Lalu memilih instansi yang dilamar," imbuh Iwan Hermanto Soetjipto, Direktur Pengolahan Data.

Setelah memasukkan syarat yang diperlukan, pelamar akan mendapatkan username dan password untuk membuka portal pendaftaran online SSCN BKN atau portal dari masing-masing instansi. "Tidak bisa mendaftar langsung ke portal instansi masing-masing jika belum mendaftar ke portal nasional," terang Iwan seperti yang dilansir dari laman kementerian.

Pemerintah berusaha memusatkan proses pendaftaran seleksi CPNS secara terintegrasi. Selama ini akibat tidak terintegrasi, banyak formasi kosong yang ditinggalkan.

"Banyak formasi kosong yang ditinggalkan karena tahun kemarin pendaftaran tidak secara online dan terintegrasi karena banyak yang lulus lebih dari satu instansi," jelas Arizal, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur. (*)

Editor: Roelan