Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Tak Punya Hak Pilih, Musisi Dunia Dukung Jokowi
Oleh : Redaksi
Selasa | 08-07-2014 | 10:20 WIB
jason-mraz-support.jpg Honda-Batam
Kicauan Jason Mraz di Twitter yang berisi dukungannya untuk Jokowi di Pilpres. (Foto: Twitter/ Rolling Stone).

BATAMTODAY.COM - Terpaut sehari menjelang hari pencoblosan Pilpres 2014, dukungan terus mengalir bagi dua kubu capres dan cawapres. Bedanya kali ini yang mendukung capres nomor dua, Joko Widodo adalah artis-artis musik internasional serta majalah musik asal luar negeri.

"Gunakan hakmu – setiap suara itu berpengaruh. #Jokowi9Juli," demikian tulis musisi legendaris Sting via akun resmi Facebook belum lama ini.

Ketika Sting datang ke Indonesia pada 15 Desember 2012 lalu di MEIS, Jakarta, Jokowi memang menyempatkan hadir menyaksikan konser mantan bassist dan vokalis The Police tersebut dari kelas festival.

Tak berapa lama kemudian datang pula cuitan bernada serupa dari penyanyi dan pencipta lagu terkenal asal Virginia, AS, Jason Mraz.

"Bagi teman-teman saya di Indonesia, minggu ini Anda diberdayakan dengan suara Anda! Ayo terlibat dalam demokrasi dan didengar! # Jokowi9Juli # yes!," tulisnya via akun @jason_mraz yang memiliki pengikut sebesar 5,4 juta tersebut.

Jason Mraz sendiri sudah beberapa kali datang untuk melakukan konser di Indonesia, dan menurut pengamatan Rolling Stone, Jokowi tak pernah datang ke konsernya atau bahkan menyebut Jason sebagai salah satu artis favoritnya.

Hanya berselang lima belas menit kemudian cuitan berupa dukungan yang ditulis dalam huruf kapital juga hadir dari band pop rock asal London, Inggris, Arkarna.

"PILIH JOKOWI SEKARANG UNTUK MASA DEPAN INDONESIA YANG LEBIH BAIK DAN KUAT! SETIAP VOTE PENTING GUYS! # ArkarnaVoteJokowi --retweet!," tulis akun @arkarna.

Setahun yang lalu Jokowi memang sempat tampil di atas panggung dengan Arkarna di Tennis Indoor Senayan, Jakarta menyanyikan lagu "Nonton Bioskop" milik musisi legendaris Benyamin S.

Matt Hart, salah seorang anggota Arkarna bahkan via Twitter menambahkan bahwa setelah ia menulis cuitan tersebut ponselnya nyaris lumpuh akibat banyaknya notifikasi yang masuk.

Dukungan terakhir yang masuk hingga berita ini diturunkan datang dari majalah musik metal terbesar di dunia asal Inggris, Metal Hammer.

Dalam artikel yang dimuat di situs resminya, Metal Hammer menuliskan sebuah artikel berjudul, Metalhead To Run Indonesia?

"Hal ini tidak diragukan lagi merupakan tanda positif bagi kancah metal Indonesia dan budaya alternatif di Asia secara keseluruhan, bahwa ada tokoh masyarakat terkemuka yang begitu vokal dalam mendukung musik keras," puji Metal Hammer.

Di artikel tersebut Jokowi juga menyebutkan band-band rock atau metal kesukaannya seperti Led Zeppelin, Metallica, Megadeth, Guns N'Roses dan Napalm Death.

"Saya pikir kita sudah memiliki banyak band besar seperti Burgerkill, Jasad, Seringai, Slank, Superman Is Dead dan sebagainya," ujar Jokowi antusias kepada Metal Hammer. "Pemerintah harus memberikan dukungan kepada mereka sehingga band-band tersebut bisa sukses secara internasional."

Sumber: Rolling Stone