Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ek Space, Si Mungil dari Mitsubishi yang Lebih Irit dari LCGC
Oleh : Redaksi
Jum'at | 04-07-2014 | 11:12 WIB
mitsubishi ek space oto.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mitsubishi Ek Space.

BATAMTODAY.COM - Dewasa ini mobil murah ramah lingkungan nampaknya mulai menjadi tren bagi penggemar otomotif Tanah Air. Terlebih setelah diberlakukannya peraturan Low Cost Green Car di Indonesia sejak IIMS 2013 lalu yang menjadi awal ledakan antusiasme masyarakat terhadap tunggangan berharga miring yang ramah lingkungan.

Lain di Indonesia lain pula di negeri Bunga Sakura, Jepang. Di kampung halaman berbagai produsen mobil raksasa yang telah mendunia itu ada segmen khusus untuk mobil mungil ber-cc kecil, yang dikenal sebagai kei-cars yang saat ini tengah populer layaknya LCGC di Indonesia.

Di kelas tersebut, Mitsubishi punya satu jagoan yang saat ini menempati peringkat teratas segmen kei-wagon paling irit di Jepang, yakni dengan jarak tempuh sejauh 30 km untuk tiap liter bahan bakar. Ia bernama Mitsubishi Ek Space yang mengusung dapur pacu 3-silinder 660cc dengan paduan CVT gearbox dan turbocharger yang menyuntikkan tenaga maksimal 64hp.

Efisiensi bahan bakar tersebut berhasil digapai selain berkat cc-nya yang kecil, eK Space juga memanfaatkan teknologi kinetic energy regeneration system. Teknologi ini bekerja dengan cara menyimpan tenaga kinetis mobil saat menurunkan kecepatan dalam baterai nickel-metal hydride yang kemudian bisa digunakan untuk menghemat pemakaian bahan bakar.

Jika dibandingkan dengan mobil-mobil LCGC di Tanah Air yang rata-rata 20-22 km/liter, mobil jenis Wagon milik Mitsubishi ini memiliki keiritan yang lebih unggul yakni 30 km/liter.

Mitsubishi eK Space saat ini telah dipasarkan di Jepang dengan harga ¥1,083 juta atau sekitar Rp 127 jutaan.

Sumber: Otosia.com