Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPDB Hari Pertama, Sekolah Negeri di Batam Banjir Pendaftar
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-07-2014 | 15:53 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah non-unggulan di hari pertama, Selasa (1/7/2014) di sejumlah sekolah negeri di Sekupang diserbu calon siswa. Seperti di SMA Negeri 4 Batam, 500 lembar formulir pendaftaran sudah ludes hanya sampai pukul 09.00 WIB.

Sementara untuk siswa bina lingkungan, pihak sekolah masih terus menampung karena warga Tiban Lama sangat padat. Pihak sekolah mengaku tidak bisa menolak mereka walaupun Dinas Pendidikan (Disdik) hanya membatasi kuota mereka sebesar 20 persen.

Sementara untuk SMK Negeri 4 Batam pada hari pertama ini membatasi pendaftar di hari pertama ketika formulir pendaftaran sudah mencapai 300 lembar. "Kita batasi untuk hari pertama karena untuk input datanya pihak sekolah hanya mampu menginput sekitar 300 orang," ujar Adri, Ketua panitia PPDB SMKN 4 Batam.

Dia menjelaskan, tahun ini SMKN 4 Batam menyediakan tujuh kelas, masing-masing rekayasa perangkat lunak (RPL) tiga kelas, multimedia dua kelas, dan kemendustri kimia tiga kelas. "Saat ini yang paling diminati adalah RPL, hampir 50 persen pendaftar di hari pertama memilih jurusan tersebut," ujarnya.

Sedangkan di SMP Negeri 20 Tiban Koperasi, sebanyak 580 lembar formulir pendaftaran sudah ludes di hari pertama. "Untuk formulir kita tidak membatasi, hanya saja dibagi per hari sebanyak 200 lembar. Tapi dihari pertama saja sudah habis 580 lembar," ujar Gusfawati, Ketua Panitia PPDB SMP Negeri 29 Tiban.

Dia menjelaskan, SMPN 20 menyediakan delapan kelas dari 29 kelas yang tersedia. "Untuk penerimaan siswa baru ini kita sudah menyediakan 8 kelas," jelasnya. (*)

Editor: Roelan