Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Android Auto Segera Dipasang di Seluruh Mobil
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-06-2014 | 14:28 WIB

BATAMTODAY.COM, California - Sistem operasi Android bukan cuma monopoli smartphone. Dalam waktu dekat Android bakal dipakai pada sistem entertaintment mobil bernama Android Auto, yang akan bersaing dengan CarPlay besutan Apple yang duluan nongol.

Cara kerja keduanya juga mirip, tampilan dashboard mobil merupakan proyeksi dari smartphone.

Android Auto diharapkan bisa mengurangi penggunaan ponsel saat mengendarai mobil. Fitur dalam smartphone Android akan terintegrasi secara interface dengan layar di dashboard. Lebih dari itu, Google menjanjikan Android Auto cocok dengan tombol-tombol di dashboard dan kemudi.

Sebagai contoh jika ada pesan masuk tinggal menekan tombol di kemudi, maka akan keluar suaranya untuk pesan tersebut dan mengirim balasan melalui perintah suara. Sehingga konsentrasi pengemudi tetap fokus di jalan.

Di dalamnya ada aplikasi Google Now yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian dari perintah suara. Sistem ini juga dapat memerintahkan fitur pada peta digital dan navigasi Google Maps, pesan teks, dan aplikasi Play Music.

Sejumlah pabrikan mobil telah sepakat untuk mengintegrasikan Android App ke dalam model mereka: Fiat Chrysler,  Volkswagen Auto Group, Audi, General Motors, Renault-Nissan, Honda, Hyundai, Kia, Ford, Mazda, Mitsubishi, Subaru, Suzuki, dan Volvo.

Kendaraan massal pertama yang menggabungkan Android Auto adalah Hyundai Sonata 2015, yang datang ke pasar pada akhir 2014. (*)

Sumber: dapurpacu.com