Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jinten Bukan Sekadar Bumbu
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-06-2014 | 10:35 WIB

BATAMTODAY.COM - JINTEN (jintan) bagi ibu-ibu yang hobi mengolah masakan di dapur, tentu sudah tak asing lagi dengan bumbu yang mirip padi-padian itu. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu, jinten berguna untuk kesehatan.

Jinten merupakan tanaman berbunga milik famili Apiaceae dengan nama ilmiah Cuminum cyminum. Biji jinten digunakan sebagai bumbu masakan untuk banyak resep di Asia, Amerika Latin, dan negara-negara Afrika.

Selain lezat, rempah ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan dan telah digunakan dalam pengobatan berbagai gangguan dan penyakit selama ribuan tahun.

Jinten merupakan tanaman asli Mesir di mana selain digunakan sebagai bumbu makanan juga digunakan untuk membuat mumi. Saat ini, jinten banyak tumbuh di India, Cina, Timur Tengah, dan negara-negara Mediterania.

Dalam tradisi kuliner Romawi dan Yunani kuno, biji jinten merupakan rempah eksotis. Selama Abad Pertengahan Eropa, rempah ini diakui sebagai simbol cinta dan kesetiaan. Orang-orang membawa benih jinten ketika menghadiri upacara pernikahan.

Selain itu, tentara yang telah menikah diberi sepotong roti jinten oleh istri mereka sebelum pergi berperang.

Jinten tampak seperti biji biasa, namun manfaat kesehatan yang dipunyainya tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut beberapa manfaat jinten untuk kesehatan:

1. Anemia

Biji jinten merupakan sumber zat besi. Oleh karena itu, asupan rempah ini dapat membantu penyembuhan anemia dan juga mencegah kekurangan zat besi pada orang sehat.

2. Pencernaan

Biji jinten mampu menjaga sistem pencernaan tetap sehat, sekaligus mengatasi berbagai masalah pencernaan. Cuminaldehyde, sebuah senyawa organik aromatik yang hadir di dalamnya, merangsang kelenjar ludah untuk memfasilitasi pencernaan makanan.

Thymol merupakan senyawa lain yang hadir dalam jinten dan berfungsi merangsang sekresi asam pencernaan, empedu, dan enzim untuk proses pencernaan yang sempurna.

3. Insomnia

Jinten bertindak sebagai stimulan dan agen relaksasi pada saat yang sama. Beberapa komponen jinten diketahui memiliki efek penenang sehingga membantu seseorang tidur nyenyak sepanjang malam. Dengan demikian, rempah ini bisa menjadi alternatif obat penyembuh insomnia.

4. Perawatan Kulit

Vitamin E, komponen penting untuk perawatan kulit, hadir dalam jumlah yang cukup pada jinten. Minyak esensial yang terkandung dalam jinten diketahui memiliki sifat antijamur dan desinfektan sehingga mencegah infeksi jamur dan mikroba pada kulit.

5. Imunitas

Kehadiran vitamin A dan C di jinten membantu meningkatkan imunitas. Vitamin C sebagai antioksidan dikenal pula efektif melawan radikal bebas. Minyak esensial dan zat besi yang terdapat dalam bumbu ini juga memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Kanker

Kehadiran agen anti-karsinogenik, seperti thymol, thymohydroquinone, dithymoquinone, dan thymoquinone membantu dalam pengobatan kanker usus besar dan kanker payudara. (*)

Sumber: amazine.co