Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kenali Perbedaan Smoothie dan Jus Beserta Kelebihannya
Oleh : Redaksi
Kamis | 26-06-2014 | 12:32 WIB
green-smoothie-pic.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM - Anda pasti sudah sering mendengar tentang green smoothies. Green smoothies adalah minuman kesehatan organik yang terbuat dari sayuran hijau dan buah-buahan. Minuman ini sedang menjadi tren belakangan ini. Banyak orang, termasuk selebriti yang menjaga kesehatannya dengan rajin mengonsumsi green smoothies. Salah satu yang paling aktif dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan green smoothies adalah Sophie Navita dan Titi DJ.

Sebenarnya apa perbedaan antara smoothie dan jus? Pertanyaan ini yang paling sering muncul di benak orang awam. Meskipun sekilas terlihat mirip, sebenarnya jus dan smoothie memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Berikut ini kami tampilkan perbedaan antara jus dan smoothie yang dirangkum dari Incredible Smoothies dan Simple Green Smoothies.

1. Smoothies lebih pekat
Meskipun terbuat dari bahan yang sama, tetapi penampilan smoothie lebih pekat seperti milk shake (susu kocok). Sementara itu jus lebih encer karena mengalami proses penyaringan. Dalam smoothies serat yang terdapat dalam buah dan sayur relatif lebih banyak daripada dalam jus. Kandungan nutrisi yang terikat dengan serat tersebut juga masih terjaga. Selain itu serat yang tinggi juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Smoothies lebih lama teroksidasi
Anda mungkin sudah pernah mendengar kalau jus harus segera diminum karena kandungan nutrisi di dalamnya akan segera teroksidasi begitu bersentuhan dengan udara terbuka. Nah, salah satu kelebihan smoothie dibandingkan jus adalah serat dan nutrisi di dalamnya relatif lebih lambat mengalami proses oksidasi, jadi kandungan nutrisinya juga terjaga lebih lama.

3. Smoothies dapat memperlambat proses penyerapan gula
Karena smoothies mengandung serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jus, maka minuman ini bisa memperlambat proses penyerapan gula oleh tubuh.

4. Lebih praktis
Karena cara pembuatan smoothies yang sangat mudah, minuman ini cocok untuk mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sendiri.

5. Lebih berenergi
Smoothies terbuat dari paduan buah, sayur, dan bahan makanan yang mengandung protein serta lemak sehat seperti spirulina, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak kelapa. Sementara jus biasanya hanya dibuat dari sayuran dan buah saja. Karena itulah smoothies bisa memberikan asupan energi yang dibutuhkan tubuh melebihi jus.

Itulah perbedaan mendasar smoothies dari jus beserta keunggulannya. Sekadar informasi, smoothies juga dapat digunakan untuk detoksifikasi. Minuman ini akan membersihkan darah dan organ tubuh dari dalam, sehingga menjadikan tubuh sehat dan menyuplai energi yang cukup untuk Anda menjalani aktivitas.

Tak hanya sehat, Anda pun jadi tampak lebih cantik, awet muda, dan langsing sebab kulit dan rambut Anda selalu cukup nutrisi. Vitamin dan mineral dalam smoothie akan menjadikan kulit bercahaya, terlindung dari radikal bebas, polusi, dan pengaruh buruk sinar matahari serta bebas masalah kulit seperti penuaan dini dan jerawat. Rambut pun jadi lebih berkilau dan sehat.

Sumber: merdeka.com