Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Puyuh
Oleh : Redaksi
Rabu | 25-06-2014 | 13:19 WIB
telur puyuh.jpg Honda-Batam
Ilustrasi telur puyuh.

BATAMTODAY.COM - Telur puyuh adalah salah satu makanan sehat yang mengandung sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Satu butir telur puyuh mengandung 13 persen protein, 140 mu-g vitamin B1 dan vitamin A serta B2.

Selain itu, telur puyuh juga mengandung zat besi dan potasium yang lima kali lebih besar dibandingan telur ayam. Nilai gizi dari telur puyuh mencapai tiga hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam biasa.

Telur puyuh juga dapat dimakan mentah. Sebagai makanan sehat, disarankan untuk mengkonsumsi 3 hingga 5 butir telur puyuh setiap pagi. Hal itu bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki proses metabolisme.

Telur puyuh juga merupakan sumber nutrisi otak karena makanan sehat ini juga mengandung kolin yang berperan penting dalam perkembangan fungsi otak. Tidak pula banyak yang tahu kalau telur puyuh juga mengandung zat antikanker, karena telur puyuh merupakan makanan sehat yang kaya akan luetin dan zeaksantin yang terbukti baik dalam mereduksi risiko penyakit kanker dan tumor.

Kandungan gizi yang ada dalam telur puyuh mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata. Konsumsi makanan yang kaya lutein dan zeaksantin ini akan meningkatkan kandungan lutein dan zeaksantin dalam retina mata.

Di dalam retina mata, lutein dan zeaksantin dapat membantu melindungi mata dari kerusakan dengan cara memfilter sinar biru, terutama pada bayi dan anak-anak. Itulah mengapa, telur puyuh sangat dianjurkan untuk anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan ataupun ibu-ibu pada masa kehamilan dan menyusui.

Bagi mereka yang sangat concern dalam merawat kecantikan, perlu diketahui bahwa telur puyuh dapat membuat tubuh terlihat awet muda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 30mg lutein setiap hari dapat memperlambat proses penuaan hingga 40 persen.

Telur puyuh dapat dikreasikan menjadi berbagai masakan yang tidak hanya sehat tetapi juga lezat.

Sumber: bango.co.id