Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wah, Sate Ayam Indonesia 'Diadu' dalam 22nd Annual Safeway BBQ Battle AS
Oleh : Redaksi
Senin | 23-06-2014 | 18:03 WIB

BATAMTODAY.COM, Washington DC - Siapa sangka sate ayam Indonesia bakal berbicara di kancah internasional. Sate ayam dengan bumbu dan cita rasa Indonesia, merupakan salah satu menu yang diadu kenikmatannya di ajang 22nd Annual Safeway BBQ Battle di Pennsylvania Avenue 9th dan 14th Street, Amerika Serikat, pada 21 - 22 Juni 2014.

Selain sate, menu salad mie saus asinan juga turut menyemarakkan ajang tahunan bergengsi tersebut. Lichman yang hadir di acara tersebut bukan saja mewakili Standford University, namun juga akan "mewakili" kuliner Indonesia. Tim dari Culinary Arts and Hospitality Management Stratford University akan hadir mengusung menu sate ayam Indonesia bersama salad mi saus asinan.

Sebagaimana dikutip dari rilis Kedutaan Besar RI di Washington DC, Jordan Lichman, Associate Program Director, Culinary Arts and Hospitality Management Stratford University, sejatinya mewakili Standford University. Acara ini kerap disebut Warga Washington DC sebagai "the largest annual food and music festival" dan disebut-sebut dihadiri antara 10.000 - 15.000 pengunjung.

Malah, acara BBQ Battle di Washington DC tersebut telah dipilih sebagai "Top 10 BBQ Event" oleh Travel Channel dan Discovery.com.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari upaya presentasi 30 ikon kuliner Indonesia dan pelatihan memasak (coaching clinic) bagi mahasiswa dan pengajar Universitas Stratford di Virginia oleh Chef William Wongso dan tim yang telah dilaksanakan pada 19 Mei 2014 lalu.

Sebagaimana diketahui, Universitas Stratford yang memiliki jurusan kuliner dengan fasilitas dapur yang moderen sangat berminat untuk menjalin kerja sama lebih erat dengan pakar kuliner Indonesia untuk membagi ilmu di jurusan kuliner universitas tersebut.

Masuknya sate ayam Indonesia sebagai salah satu menu BBQ Battle mendapatkan perhatian dari berbagai media online maupun televisi. Lichman juga mempromosikan menu asli Indonesia ini melalui Channel News 8 pada tanggal 19 Juni 2014 dan di saluran Fox5 Morning TV Show pada tanggal 20 Juni 2014. (*)

Editor: Roelan