Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gaji Tak Dibayar, Buruh Galangan Kapal Lapor Polisi
Oleh : Gokli
Kamis | 19-06-2014 | 12:17 WIB
polsek-sagulung-baru.gif Honda-Batam
Mapolsek Sagulung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan buruh outsourcing galangan kapal PT Citra Shipyard melapor ke Polsek Sagulung lantaran gaji tak dibayar. Buruh itu melaporkan PT Heaven Cristal selaku sub-kontraktor yang mempekerjakan mereka di perusahaan galangan kapal tersebut.

Informasi yang diperoleh, puluhan buruh itu sudah tiga bulan tak digaji. PT Heaven Cristral disebut selalu menebar janji tanpa pernah ditepati.

"Kami berharap Polisi bisa membantu mediasi. Selama tiga bulan kami hanya mendapat janji. Tuntutan kami tak muluk-muluk, minta gaji dibayarkan," kata Ishak, salah satu buruh, ditemui di Polsek Sagulung, kemarin sore.

Pekerja di bagian las itu menambahkan, puluhan buruh yang mendatangi Polsek Sagulung mewakili ratusan buruh yang teraniaya akibat tak dibayar gaji. Sementara untuk pekerja Welder yang berjumlah sekitar 65 orang, menunggu pembayaran gaji sebanyak Rp102 juta.

"Ratusan buruh yang belum dibayar gaji. Kami ini hanya sebagian saja," kata dia.

Sampai dengan Kamis (19/6/2014) siang, keterangan dari pihak perusahaan belum didapat. Sementara PT Heaven Cristal yang disebut berkantor di daerah Sagulung belum juga ditemukan.

Editor: Dodo