Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pahami Bahaya Mencuci Ayam Sebelum Memasak
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-06-2014 | 14:56 WIB
daging_ayam_utuh.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Ini pasti dilakukan sebelum memasak ayam: mencucinya. Mulai sekarang, jangan lakukan itu. Sebab peneliti mencatat, mencuci ayam sebelum memasaknya sama saja menyebarkan bakteri.

Bakteri campylobacter yang terdapat pada ayam, bertanggung jawab atas kasus keracunan makanan. Di Inggris, keracunan makanan mengancam sekitar 280 ribu orang tiap tahunnya.

Para koki dan ibu rumah tangga yang hendak memasak percaya, mencuci ayam akan menghilangkan bakteri itu. Selain membuat kuman dan bakteri menghilang, mencuci ayam juga membersihkan kotoran.

Ironisnya, itu justru membuat bakteri berbahaya dalam ayam mentah tersebar ke mereka yang memprosesnya. Bakteri juga bisa melompat ke peralatan memasak. Itu berbahaya bagi hasil masakan.

Menurut salah satu studi, mencuci ayam mentah di bawah keran bisa membuat bakteri menyebar sampai hampir seratus sentimeter dari wastafel. Penyebaran yang cukup luas bukan?

Padahal, bakteri dalam ayam sebenarnya akan mati dalam proses memasak. Asal, ayam dimasak matang secara menyeluruh.

Fatal
Dua sampai lima hari setelah seseorang kontak dengan bakteri, keracunan makanan masih bisa terjadi. Pada orang tua dan anak yang kekebalan tubuhnya lemah, keracunan bisa berakibat fatal.

Jika tak ditangani segera, keracunan bisa menyebabkan dehidrasi, menimbulkan artritis reaktif, iritasi usus besar, bahkan sindrom yang memengaruhi kekuatan sistem tubuh.

Ann Edwards pernah mengalaminya. Tahun 1997, ia menderita keracunan akibat bakteri campylobacter. Wanita 67 tahun itu dirawat di rumah sakit, dan mengalami infeksi kandung kemih serta gagal ginjal.

“Aku dirawat selama tujuh minggu. Bahkan sekarang, 17 tahun kemudian, aku tidak bisa menggerakkan jariku dan harus berjalan dengan tongkat,” ungkapnya, seperti dikutip Daily Mail.

Sumber: VIVAlife