Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Susu Unta Diklaim Jadi Minuman Masa Depan
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-06-2014 | 12:43 WIB
susu-unta.jpg Honda-Batam
(Foto: esq-news.com)

BATAMTODAY.COM - Dari kecil, susu adalah salah satu minuman terpenting yang wajib dikonsumsi. Kandungan protein, kalsium dan berbagai nutrisi lainnya membuat susu bagian dari empat sehat lima sempurna sehingga siapapun disarankan untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Walau saat ini susu sapi dan kambing adalah susu yang paling lazim diminum, namun menurut banyak ahli, susu unta dapat menjadi minuman kesehatan di masa depan.

Salah satu yang memiliki pemikiran demikian ialah Dr. Frank King yang memiliki 23 ekor unta di peternakannya yang berlokasi di Asheville, NC, Amerika Serikat. Di peternakan tersebut, unta-unta peliharaannya diperah susunya menggunakan tangan dengan metode yang sama dengan memerah susu sapi.

Keyakinan King bukan tanpa alasan. Sejumlah studi telah mengungkapkan bahwa susu unta mengandung kadar kolesterol yang lebih rendah dari susu sapi. Susu unta juga lebih kaya akan protein, vitamin C dan zat besi.

"Susu unta juga sangat lezat," ujar King seperti dilansir laman Fox News.

Menurutnya, susu unta memiliki cita rasa yang lebih asin dan teksturnya lebih kental dibandingkan susu sapi.

Mungkin hal tersebut yang membuat susu ini dihargai cukup mahal. Satu pint susu unta berharga  US$18 atau Rp112,5 ribu. King juga mengatakan, ia biasa menjual susu unta dalam keadaan mentah. Saat ini ia masih mencoba berbagai metode pasteurisasi.

Unta-unta peliharaan King ternyata hanya sedikit dari 5.000 unta yang diperkirakan ada di AS. Di tujuh negara bagian di antaranya termasuk Pennsylvania, Michigan dan Ohio, susu unta sudah mulai banyak dikonsumsi masyarakat lokal mereka karena di negara bagian tersebut memiliki sejumlah peternakan unta.

Menurut studi yang pernah dilakukan sebelumnya, susu unta kaya akan zat anti inflamasi sehingga memiliki manfaat baik dalam membantu perkembangan otak.

Sumber: VIVAlife