Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peta Wisata Kuliner Indonesia Segera Dirilis
Oleh : Redaksi
Senin | 09-06-2014 | 12:31 WIB
wijilan_gudeg.jpg Honda-Batam
Wijilan, salah lokasi pusat kuliner di Yogyakarta. BPPI segera umumkan peta wisata kuliner Indonesia. (Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM - Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) segera mengumumkan peta wisata (city map) kuliner Indonesia yang didesain atraktif dan mengutamakan prinsip visual.

Ketua BPPI Yanti Soekamdani dalam keterangan tertulisnya yang diterima mengatakan city map kuliner perlu disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara (wisman).

"karena itu, kami akan mengeluarkan city map kuliner, yang pada tahap awal untuk beberapa kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan Medan," kata Yanti dikutip dari Republika, Senin (9/6/2014).

City map, kata Yanti, diharapkan bisa memudahkan pengguna dalam mencari informasi dan pengenalan lokasi yang sedang dicari maupun dituju.

"Ini disusun secara atraktif dan menarik dari sisi visual. Misalnya lima wilayah plus Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta dibedakan dengan warna, sehingga wisatawan bisa langsung tahu di wilayah bagian mana tempat tujuan wisata yang dituju," katanya.

Pihaknya menerapkan teknologi augmented reality dalam penyusunan peta sehingga setiap gambar memiliki barcode yang bisa discan dan akan memunculkan berbagai informasi seperti video, slide, dan juga link langsung ke dalam web masing-masing obyek/perusahaan/restoran yang ditampilkan.

Penggunaan augmented reality didasarkan pada sifat wisatawan muda dan juga kenyataan bahwa pengguna smartphone di dunia terus meningkat. Data menunjukkan, saat ini pengguna Android mencapai satu miliar, sedangkan iOS mencapai 700 juta.

"Kini kecenderungan digitalisasi informasi kian besar. City map yang kami keluarkan diharapkan bisa menjawab kebutuhan tersebut," harap Yanti.

Sumber: Republika