Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DBD Cenderung Menurun, TB Paru dan ISPA Masih Mendominasi di RSUD Batam
Oleh : Gokli
Sabtu | 07-06-2014 | 10:52 WIB
RSUD-Embung-Fatimah.gif Honda-Batam
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Batam cenderung menurun periode Januari - Mei 2014. Namun, dua jenis penyakit lain yakni TB Paru dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) masih tetap mendominasi.

Data yang diperoleh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam, jumpah penderita DBD mulai Januari-Mei 2014 yang masuk rawat inap sebanyak 55 orang, sementara yang melakukan rawat jalan berjumlah 11 orang. Penderita penyakit TB Paru yang masuk rawat inap berjumlah 71 orang, dan rawat jalan berjumlah 90 orang.

Sedangkan pender‎ita ISPA yang masuk rawat inap hanya 9 orang, namun yang melakukan rawat jalan mencapai 271 orang. Dua penyakit ini yakni ISPA dan TB Paru masih tergolong tinggi, sesuai dengan data tersebut.

"Bulan Juni belum direkap, data sementara mulai tanggal 1-5 DBD nihil. ISPA yang rawat jalan 13 orang. Sedangkan TB yang rawat jalan ada 5 dan rawat inap 1 orang," jelas Cut Guspida, Humas RSUD Embung Fatimah, Batam, Sabtu ( 7/6/2014) pagi.

Ia mengatakan, berdasarkan data yang mereka miliki, pada tahun 2013 penderita DBD masih cenderung tinggi, namun ISPA dam TB masih cenderung normal. Untuk menghindari ketiga jenis penyakit ini, kata dia, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan dan juga kebersihan diri.

Sejauh ini, lanjut Cut dari ketiga jenis penyakit tersebut selama periode Januari-Mei 2014 belum ada penderita yang sampai tewas. Semua pasien yang menjalani perawatan dapat terselamatakan.

"Sampai saat ini belum ada korban akibat ketiga penyakit ini. Mudah-mudahan jumlah penderita makin menurun sampai akhir tahun 2014," harap dia.

Editor: Dodo