Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pekan Produk Kreatif Indonesia ke-8 di Batam

Bangun Pemahaman Potensi Ekonomi Kreatif Sebagai Sumber Kekuatan Ekonomi, Sosial dan Budaya
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 06-06-2014 | 15:02 WIB
Mari Elka.jpg Honda-Batam
Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) ke-8 yang diselenggarakan di Kota Batam sempena Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXV diikuti 29 kementerian dan instansi.

Ajang ini mengusung tema 'Kreatifitas Dalam Harmoni' sebagai pemaknaan pluralitas dan keberagaman suku, agama dan budaya terjalin secara harmonis, rukun dan damai.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Mari Elka Pangestu mengatakan, pemilihan Batam sebagai lokasi PPKI bertujuan untuk mensinergikan dua iven nasional. Tujuan akhirnya agar ekonomi kreatif dan partisipasi masyarakat khususnya dari daerah-daerah terus meningkat.

"Ada 29 kementerian dan instansi yang tergabung didalamnya. Ini apresiasi keberagaman agar terciptanya toleransi melalui berbagai wujud karya kreatif, seperti seni pertunjukan, musik, busana, kuliner, desain dan kerajinan," kata Mari, saat meninjau lokasi pameran dikawasan Islamic Center, Jumat (6/6/2014).

Pameran ini sendiri akan berlangsung selama sepekan, mulai 6 hingga 12 Juni. Menurut Mari, PPKI merupakan salah satu komitmen pemerintah selama delapan tahun terkahir untuk menciptakan forum untuk orang kreatif sebagai pembelajaran, jaringan, showcasing atau memperkaya kreatifnya sehingga mendapat apresiasi masyarakat luas.

Ini juga sebagai fasilitasi pemerintah kepada orang kreatif dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama membangun kesadaran dan pemahaman akan potensi ekonomi kreatif sebagai sumber kekuatan ekonomi, sosial dan budaya.

"Indonesia negara besar dengan jumlah penduduk usia produktif memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif dapat menjadi motor penggerak ekonomi yang langsung berdampak pada masyarakat dan bisa menjadi gardu terdepan dalam melestarikan warisan budaya," jelasnya.

Beberapa kementerian yang mendukung PPKI ini, antara lain Kemenko Kesra, Kemenparekraf, Kemendag, Kemenkop dan UKM, Kemenkom Info, Kemenristek, Kemendikbud, Kementerian Perindustrian, Kemenkumham, Kemenkeu, Kemenlu, Kemendagri, Kemen BUMN, Bapennas, Pemprov Kepri, Pemprov DKI Jakarta, Kadin Indonesa dan lainya.

Dalam PPKI ini, akan diselenggarakan konvesi dan gelar seni pertunjukan. Pameran PPKI menampilkan ikonik ekonomi kreatif 15 subsektor. Lima subsektor ekonomi kreatif dari hulu sampai hilir. Demo 30 ikon kuliner Indonesia dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Adapun kegiatan terdiri dari bincang kreatif seni pertunjukan dan industri musik, fashion, temu duta besar, diskusi HKI, seminar nasional budaya melayu, workshop dan kuliner. Kemudian gelar seni penampilan group musik, diantaranya spritual jazz, fashion show, atraksi seni daerah dan nusantara dan kreatifitas seni Kepulauan Riau serta mahakarya seni tradisi.

Editor: Dodo