Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PM Australia Dijadwalkan Bertemu Presiden SBY di Batam Rabu Lusa
Oleh : Redaksi
Senin | 02-06-2014 | 15:15 WIB
abbot sby.jpeg Honda-Batam
PM Australia, Tony Abbot, dan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dalam suatu pertemuan. (foto: sbs.com.au)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perdana Menteri Australlia, Tony Abbot, dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Batam pada Rabu (4/6/2014) lusa. Dikutip dari AAP, pertemuan tersebut dikatakan dalam rangka untuk memperbaiki hubungan antarkedua negara yang sempat memanas beberapa waktu lalu.

Ini akan menjadi perjalanan pertama Tony Abbot sejak Indonesia menghentikan kerja sama dengan Australia akhir tahun lalu atas klaim mata-mata.

Hubungan antara Indonesia dan Australia telah memburuk setelah tuduhan penyadapan telepon dari presiden dan istrinya, dan di tengah kekhawatiran Indonesia atas kembalinya perahu pencari suaka.

Abbott disebut akan menghabiskan waktu sekitar delapan jam di pulau Batam, yang diseting seperti pertemuan rekonsiliasi antara mantan Perdana Menteri Australia, John Howard dan SBY pada tahun 2006.

Abbott sendiri telah berbicara dengan SBY melalui telepon. Selain itu Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, juga telah mengadakan pembicaraan dengan para pejabat senior Indonesia dalam beberapa pekan terakhir.

Pada bulan lalu, Abbot membatalkan kunjungannya ke Bali atas suatu 'operasi di laut'. Perjalanan itu sendiri merupakan undangan Presiden Indonesia. (*)

Editor: Roelan