Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Corous360 Singapura Akuisisi App Store Indonesia Senilai Rp43 Miliar
Oleh : Redaksi
Senin | 02-06-2014 | 11:48 WIB

BATAMTODAY.COM, Singapura - Corous360, perusahaan penyedia layanan game cloud di Singapura, mengakuisisi app store yang berbasis di Indonesia dan penyedia konten Maxitech senilai 4,720 juta dolar Singapura atau sekitar 43 miliar rupiah. Setelah diakuisisi, Maxitech akan memberikan dukungan untuk sistem penagihan Corous360, anak perusahaan DeClout Group. 

Maxitech sendiri menargetkan fitur telepon dan industri smartphone low-end di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan app store white label dan MeTunes, sebuah aplikasi toko musik Indonesia untuk fitur telepon dan Android OEM. Kedua produk itu mengintegrasikan fitur penagihan operator dari semua penyedia GSM di Indonesia, termasuk Telkomsel (dengan 132 juta pengguna) dan XL Axiata (60 juta).

Dikutip dari TechinAsia, tim Maxitech yang beranggotakan 18 orang telah bekerja dengan lebih dari 10 OEM di Indonesia dan melakukan pra-install app store-nya di lebih dari 50 juta perangkat ponsel di seluruh dunia. Tim yang sudah berdiri tiga tahun ini memiliki 3,9 juta pengguna yang telah setidaknya menggunakan app store milik Maxitech, 700.000 di antaranya telah terkonversi menjadi pengguna berbayar pada 2013.

Platform ini memfasilitasi lebih dari dua juta transaksi setiap bulan, dengan nilai rata-rata 10 sen per transaksi. CEO Corous360, Winston Koh, mengatakan, pasar mobile di Indonesia memiliki potensi pasar yang signifikan untuk pemain yang mampu memberikan solusi yang berbeda di seluruh fitur telepon dan smartphone low-end.

"Maxitech adalah salah satu agregator konten dan pembayaran terkemuka untuk fitur telepon dan kami ingin menangkap peluang pertumbuhan ini, dimulai dengan akuisisi Maxitech," katanya.

Direktur pengembangan bisnis Maxitech, Leonard Tan, menjelaskan, dengan menjadi anak perusahaan Corous360, dan dalam waktu dekat Maxitech akan terus fokus di Indonesia dengan terus berekspansi ke semua pasar Corous360, termasuk Singapura, Filipina, dan Thailand.

Maxitech saat ini sedang mengembangkan produk baru yang disebut Neti Wallet, di mana pengguna bisa menambah kredit dompet digital itu menggunakan penarikan pulsa dan voucher fisik. Pengguna Neti Wallet nantinya akan mampu membayar untuk hal-hal seperti voucher restoran dan tagihan listrik. Maxitech akan mengintegrasikan Neti Wallet ke app store-nya.

Neti Wallet saat ini sedang dalam tahap uji coba dan sudang ada dua OEM yang setuju untuk menggunakannya sebagai portal belanja mobile mereka sendiri. Tim ini juga tengah melakukan pembicaraan untuk menarik lebih banyak merchant untuk mengikuti program tersebut. (*)

Editor: Roelan