Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lama Mangkrak, Hotel Training di SMKN 2 Tanjungpinang Akhirnya Diresmikan
Oleh : Habibi
Sabtu | 31-05-2014 | 18:42 WIB
presmian_edotel_smkn_2_tpi.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, memotong pita tanda diresmikan Edotel Mahligai SMKN 2. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah melalui proses pembangunan hingga rampung yang cukup lama, edotel (education hotel) di SMKN 2 Tanjungpinang akhirnya diresmikan, Sabtu (31/5/2014). Hotel yang diresmikan oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, itu berganti nama dengan "Edotel Mahligai".

Nama 'Mahligai' sendiri dipilih karena berarti ruang atau kediaman raja yang nyaman dan penuh kebaikan. Sehingga diharapkan para tamu yang menginap di hotel yang dibuka untuk umum ini dapat merasakan kenyamanan pula.

Kepala SMKN 2 Tanjungpinang, Ermala Meilina, menuturkan, proses pembangunan hotel training ini memakan waktu lima tahun, yang dimulai sejak Oktober 2007 dan rampung pada 2012. Pembangunan  hotel training ini bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Kepri. Malah pada September 2012 lalu pernah diresmikan secara simbolis oleh Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani.

Ermala yang akrab disapa Melli ini mengatakan, walaupun hanya berupa hotel training, fasilitas yang ditawarkan Edotel Mahligai bukan main-main. Hotel berkapasitas 17 kamar ini juga memiliki lobi, aula, restoran, spa mini dan meeting room.

Adapun 17 kamar tersebut terdiri dari 8 kamar standar, 2 kamar superior, 5 kamar deluxe, 1 kamar superdeluxe, serta 1 kamar suite. Pengoperasian hotel training ini dikelola oleh guru, para siswa, serta alumni SMKN 2.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjungpinang, Dadang AG, yang hadir mendampingi wali kota, mengatakan, kehadiran hotel training ini dapat menjadi salah satu sarana dan prasarana pembelajaran praktik bagi para siswa jurusan perhotelan.

"Jika sebelumnya para siswa melakukan praktik di hotel-hotel besar di Tanjungpinang dan Batam, maka mulai sekarang hotel training ini juga dapat dijadikan sebagai tempat praktik siswa," katanya.

Selain itu, hotel ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif tempat untuk pelaksanaan kegiatan kedinasan seperti rapat atau diklat kecil, sehingga dengan demikian proses untuk menumbuhkembangkan hotel tetap berjalan.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, juga menyambut baik kehadiran hotel training ini. Keberadaan hotel traning ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa sehingga lulusan SMK memiliki poin tersendiri dalam melamar pekerjaan karena telah memiliki pengalaman dalam praktik kerja. (*)

Editor: Roelan