Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angka KHL Tanjungpinang Menunjukkan Tren Peningkatan Tiap Bulan
Oleh : Habibi
Rabu | 28-05-2014 | 16:01 WIB
Kadinsos_Kota_Tanjungpinang,_Surjadi_saat_meninjau_pasar.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Surjadi, bersama tim, saat melakukan survei di Pasar Baru, Rabu (28/5/2014). (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Angka kebutuhan hidup layak (KHL) di Kota Tanjungpinang setiap bulan menunjukkan tren peningkatan. Demikian hasil survei Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang pada kuartal pertama 2014.

"Yang naik itu harga ikan dan harga daging. Itu pasti naik setiap bulannya. Untuk biaya transportasi masih tetap," ujar Surjadi, Kepala Dinsosnaker Kota Tanjungpinang, saat melakukan survei pasar, Rabu (28/5/2014) siang.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil survei terhadap 60 item kebutuhan, angka KHL Tanjungpinang pada bulan Januari berkisar Rp1.675.369, naik menjadi Rp1.700.395 pada Februari. Kemudian naik lagi pada Maret sebesar Rp1.753.356 dan pada April menjadi Rp1.883.622.

Mantan Kepala Satpol PP Tanjungpinang tersebut menambahakan, survei pada bulan Mei agak terlambat dilakukan karena terbentur dengan libur nasional. Namun dia menegaskan jika hal itu tidak mempengaruhi kinerja petugas untuk melakukan survei.

"Semua data dari awal tahun hingga akhir tahun nanti dirumuskan. Ada perumusan sendiri dalam hitung-hitungan ini. Kita tidak mengambil dari yang Desember. Yang bulan Desember adalah hasil hitungan rumusan itu. Hasil itu nantilah yang akan kita ajukan kepada gubernur," sebutnya lagi.

Dia menjelaskan, lokasi yang disurvei adalah "Pasar Baru" Tanjungpinang dan Pasar "Bintan Centre".

"Ada dua pasar tradisional yang kita tinjau, yaitu Pasar Baru dan Pasar Bintan Centre. Karena kedua pasar ini yang menjadi pusat pembelanjaan warga di Tanjungpinang," terangnya. (*)

Editor: Roelan