Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

8 Panganan Ala Donat di Seluruh Dunia
Oleh : Redaksi
Rabu | 28-05-2014 | 12:12 WIB
donat.jpg Honda-Batam
Donat. (Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM - Siapa tak kenal donat? Panganan bundar dengan lubang di tengah-tengah asal Amerika Serikat ini begitu mendunia. Terbuat dari tepung terigu, telur dan mentega, donat biasa disantap dengan topping lezat mulai yang sederhana seperti gula halus hingga krim dan selai.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat banyak sekali panganan yang mirip dengan donat? Walaupun tidak memiliki lubang di tengahnya, namun sejumlah panganan ini terbuat dari adonan yang sama dengan donat sehingga cita rasanya sangat mirip.

Berikut ini adalah deretan panganan yang mirip dengan donat dari seluruh dunia.

1. Oliebollen

Panganan ini terbuat dari adonan yang sama dengan donat namun diberi isian kismia atau potongan apel. Oliebollen banyak disebut sebagai donat versi Belanda karena rasanya juga sangat mirip dengan donat. Dalam bahasa Belanda, oliebollen berarti oil ball atau bola minyak karena panganan ini berbentuk bulat dan digoreng di dalam minyak panas. Belgia juga memiliki panganan yang sama namun disebut smoutenbollen.

2. Paczki

Di Polandia dan negara bagian Amerika Serikat yang memiliki permukiman orang Polandia seperti Detroit, Michigan dan Milwaukee, Wisconsin, donat berbentuk bulat pipih begitu populer. Panganan yang bernama berisi selai buah-buahan tersebut juga sangat mudah ditemui di acara-acara spesial seperti festival dan karnaval. Layaknya donat, Paczki juga biasa ditaburi dengan gula halus dan sedikit paruta kulit jeruk.

3. Spurgos

Di Lithuania dikenal sejenis donat bernama spurgos. Panganan yang juga dikenal dengan nama pampuskos ini mirip donat Polandia. Terdapat salah satu varian spurgos yang disebut varšk?s spurgos dan menggunakan keju cottage.

4. Sufganiyah

Di Israel, donat berisi jelly yang disebut Sufganiyah hidangan tradisional perayaan Hanukkah. Bentuknya bulat dan dimasak dengan cara digoreng deep-fried di dalam minyak panas. Sufganiyah juga biasa dinikmati bersama taburan gula halus.

5. Beignet

Di Perancis dan New Orleans, Louisiana dikenal panganan bertabur gula halus yang disebut beignet. Terbuat dari adonan choux, beignet lebih dikenal sebagai hidangan penutup dengan isian buah. Namun, banyak pula tempat yang menjual panganan ini isian bahan-bahan savoury seperti daging dan sayur-sayuran.

6. Churro

Makanan penutup yang satu ini seringkali dinikmati sebagai camilan teman minum cokelat hangat. Terbuat dari adonan pastry yang dibentuk memanjang, churro biasanya dimasak dengan cara digoreng. Bisa dibilang bentuk churro ini menyerupai cakwe, namun memiliki rasa yang manis seperti donat. Masyarakat Meksiko biasa menyantap churro dengan mencelupkannya kedalam saus cokelat. Terkadang churro juga diberi isian cokelat, vanila atau buah-buahan.

7. Malasada

Yang satu ini merupakan adalah kue yang serupa dengan donat di Hawaii yang mirip dengan Filhoze asal Portugal, karena memang diperkenalkan imigran asal Portugis. Malasada tradisional tidak memiliki isian maupun lubang di tengah-tengah. Namun, saat ini malasada terkenal dengan berbagai isian lezat mulai dari buah-buahan hingga krim.

8. Berliner

Di Jerman, kue serupa donat dengan isi selai disebut Berliner, sedangkan di kota Berlin dikenal dengan sebutan Pfannkuchen. Di Jerman sebelah selatan, Berliner yang dikenal dengan sebutan Krapfen merupakan kue untuk menyambut festival (Karneval atau Fasching) sekaligus hidangan malam Tahun Baru di Jerman sebelah timur. Di Chili yang memiliki komunitas keturunan Jerman, Berliner dikenal sebagai Berlin dan berisi selai atau karamel yang disebut manjar.

Sumber: VIVAlife