Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Canangkan Program Beasiswa Unggulan Berkelanjutan

57 Mahasiswa UIB Peroleh Beasiswa
Oleh : Sumantri
Jum'at | 27-05-2011 | 10:49 WIB
Pembekalan_UIB.jpg Honda-Batam

PKP Developer

UIB sedang melakukan pembekalan pada sejumlah siswa lulusan SMU yang berminat belajar di Universitas Favorit di Batam tersebut.

Batam, batamtoday - Upaya yang dilakukan Universitas International Batam (UIB) membuahkan hasil manis, baru-baru ini Universitas kredibel di Batam tersebut kembali mendapat kepercayaan sebagai provider beasiswa unggulan dari Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan Nasional. Pemberian beasiswa itu kali pertama diselenggarakan di UIB.

"Melalui beasiswa unggulan, mahasiswa Indonesia diciptakan memiliki karakter kuat dari segala hal," terang Wakil Rektor III UIB, Hepy Hefry Ariyanto, kepada batamtoday, Jumat, 27 Mei 2011.

Menurut Hepy, UIB yang meliputi wilayah barat mendapat kesempatan sebagai pelaksana pemberian beasiswa bagi mahasiswa UIB sendiri maupun dari perguruan tinggi lain yang ada di Batam maupun Kepri. Melalui kegiatan pemberian beasiswa unggulan, diharapkan meningkatkan daya saing bangsa dan meningkatkan pengembangan potensi sumber daya daerah.

Sementara, perwakilan dari BPKLN, Yuni, mengatakan pemberian beasiswa unggulan sejak 2006 merupakan sarana dari Kementerian Pendidikan Nasional, untuk mendidik masing-masing mahasiswa. Sampai tahun 2011 Kementerian pendidikan telah memberikan besiswa unggulan sebanyak 8 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini sebanyak 57 mahasiswa yang pada tahun 2010 lalu menerima beasiswa, diberikan secara simbolis oleh UIB yang meliputi program studi S-1 dari enam Jurusan yakni, Sistem Informatika, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Hukum, Akuntansi dan Manajemen berkesempatan mendapatkan beasiswa unggulan berupa bebas biaya kuliah. Sedangkan sebanyak 27 mahasiswa lainnya berkesempatan mengikuti program Studi Exchange kebeberapa negara seperti Thailand dan Malaysia.

Nurhadi Jumaini (18) mahasiswa dari jurusan Sistem Informatika UIB, merupakan salah satu penerima beasiswa unggulan pada tahun 2011. Menurutnya banyak hal yang harus dipersiapkan untuk meraih beasiswa unggulan mulai prestasi akademik harus memiliki nilai IPK minimal 3, serta non akademik.